Indonesia raih juara umum ISPRO 2015

id indonesia, indonesia raih juara, juara umum ispro, ispro 2015, international science project olympiad, pelajar indonesia, pelajar

Indonesia raih juara umum ISPRO 2015

Ilustrasi Dua pelajar SMA unggulan Sekayu juara tiga Intel ISEF. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

....Indonesia berhasil meraih juara umum dengan empat medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu....
Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Tim Indonesia berhasil meraih juara umum dalam Olimpiade Sains Terapan Dunia atau "International Science Project Olympiad" (ISPRO) ketiga yang diselenggarakan di Jakarta, 4 Mei hingga 8 Mei.

Indonesia berhasil meraih juara umum dengan empat medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu. Kemudian disusul Bosnia dan Herzegovina dan Tajikistan yang masing-masing memperoleh satu medali emas, dua medali perak, dan satu perunggu.

Pelajar dari SMAN 1 Bantaeng Sulawesi Selatan, Irham Syarif (18) dan Ahmad Abrar (18), berhasil meraih medali emas dengan proyek sainsnya yakni masker helm yang mampu menyerap timbal.

"Kami membuat helm yang berasal dari daun nangka dan mahoni, karena menyerap timbal dan mudah ditemui," ujar Irham usai penutupan ISPRO di Jakarta, Jumat.

Irham dan Ahmad melakukan penelitian selama lima bulan, dan pernah meraih medali emas pada kompetisi serupa untuk tingkat nasional. Dia berharap penelitiannya tersebut dapat memberikan sumbangsih dalam upaya menjaga lingkungan.

Indonesia meraih medali emas untuk bidang kimia, biologi, teknologi dan lingkungan.

Dirjen Pendidikan Menengah Kemdikbud, Achmad Jazidie, mengatakan olimpiade sains terapan itu merupakan salah satu bukti jika generasi muda kreatif dalam menyelesaikan persoalan.

"Kegiatan ini selain memberi solusi nyata untuk permasalahan dunia, juga menjadi wadah membangun jejaring sesama pelajar dari seluruh dunia," kata Jazidie.

Olimpiade itu diikuti pelajar berusia 14 hingga 18 tahun yang berasal dari 29 negara. Terdapat lima kategori yang bisa diikuti oleh peserta ISPRO yakni biologi, fisika, kimia, lingkungan, dan teknologi.

Dalam kompetisi ini peserta diminta untuk menjelaskan proyeknya, mempertahankan dan menggunakan ide tersebut dalam teori dan praktik. Jika diperlukan, peserta bisa membawa alat bantu audiovisual.

Peserta yang berusia 14-18 tahun ini bisa menyertakan maksimal 10 karya dari satu negara. Dan untuk setiap karya maksimal dikerjakan oleh dua orang dan satu project supersivor. Setiap naskah yang dibawa peserta harus mengandung prinsip dan metodologi ilmiah.

Beberapa kriteria penilaian oleh juri mencakup pertanyaan tentang penelitian, disain dan metodologi, koleksi data, analisis, dan pemahaman, kreativitas, dan pemaparan.