Kelompok tani gunakan bantuan untuk perbaikan irigasi

id kelompok tani, kelompok tani lahat, kelompok tani sumsel, pertanian sumsel, bantuan tani, perbaikan irigasi, irigasi

Kelompok tani gunakan bantuan untuk perbaikan irigasi

Ilustrasi (FOTO ANTARA/12)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kelompok tani Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan akan menggunakan dana bantuan pemerintah untuk perbaikan pengairan irigasi persawahan agar menjadi lancar.

"Kami telah mendapatkan bantuan dana itu untuk digunakan memperbaiki irigasi," kata Ketua Kelompok Tani Talang Sunda, Lahat Tuwadi saat pertemuan dengan tim pengawas ketahanan pangan dari Korem 044 Garuda Dempo, Selasa.

Menurut dia, dana itu langsung diterima melalui rekening gabungan kelompok tani dan mereka sepakat menggunakannya untuk perbaikan irigasi agar masa panen dan produksi padi dapat ditingkatkan mendukung ketahanan pangan.

Kelompok tani tersebut juga telah menerima bantuan satu unit mesin traktor tangan dari pemerintah untuk mengelola sawah seluas 23 hektare.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan panen bisa dilaksanakan dua hingga tiga kali dalam setahun.

Kasrem 044/Garuda Dempo Letkol Inf Imanulhak beserta enam orang tim pengawasan dan evaluasi telah melaksanakan kegiatan upaya khusus pertanian Kabupaten Lahat.

Pengawasan itu untuk melihat kegiatan para bintara pembina desa (Babinsa) yang telah menerima pendidikan dan latihan budi daya pertanian padi, jagung, dan kedelai.

Babinsa itu dalam rangka mengawal dan memberikan penyuluhan kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani.

Pengawasan juga didampingi petugas penyuluh lapangan pertanian Yati Sumiati itu untuk meningkatkan produksi padi, jagung dan kedelai terutama dalam mendukung ketahanan pangan.