Sumsel tuan rumah pameran benda bersejarah nasional

id sumsel, sumatera selatan, tuan rumah pameran, pameran benda bersejarah, pameran benda bersejarah nasional, plt kepala dinas pariwisata, dinas kebudaya

Sumsel tuan rumah pameran benda bersejarah nasional

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan menjadi tuan rumah pelaksana pameran benda bersejarah nasional di Museum Balaputra Dewa Palembang yang dijadwalkan pada Oktober 2015.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga kepada wartawan di Palembang, Kamis mengatakan, pelaksanaan pameran benda peninggalan sejarah di Museum Balaputra Dewa Palembang itu akan diikuti seluruh museum dari berbagai provinsi di Indonesia.

Palembang sebagai menjadi tuan rumah pameran tersebut tidak lain untuk memperkenalkan benda peninggalan sejarah di masing-masing provinsi di Indonesia, kata dia.

Namun, yang lebih penting lagi dengan dilaksanakannya pameran tersebut diharapkan seluruh lapisan masyarakat semakin mencintai peninggalan benda-benda sejarah dan purbakala.

Hal ini karena benda bersejarah juga untuk mendukung promosi wisata sehingga keberadaannya harus dilestarikan, kata dia.

Apalagi pariwisata akan menjadi program utama dalam memajukan perekonomian masyarakat yakni melalui kunjungan wisatawan.

"Potensi daerah akan selalu berkurang sehingga pariwisata harus semakin dimaksimalkan," kata dia.

Sehubungan itu pameran tersebut merupakan salah satu untuk mempromosikan pariwisata di Sumsel dengan memperkenalkan benda-benda peninggalan sejarah dan purbakala kepada masyarakat.

Kepala Seksi Purbakala Disbudpar Sumsel A Rapanie Igama mengatakan, Sumsel kaya dengan aset sejarah yang saat ini ada yang tersimpan di Museum Balaputra Dewa.

Oleh karena itu pameran tersebut tidak lain juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Sumsel kaya dengan benda-benda peninggalan sejarah masa lalu, terutama peninggalan masa Kerajaan Sriwijaya.

Benda yang akan dipamerkan antara lain keris, dan senjata tajam dari kabupaten Lahat seperti Kuduk serta berbagai pusaka lainnya.