Ogan Komering Ulu target juara Jambore Sumsel

id jambore, jambore tingkat provinsi

Ogan Komering Ulu target juara Jambore Sumsel

Jambore tingkat provinsi Sumsel (Foto: antarasumsel.com/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Ogan Komering Ulu mengandalkan kreasi tari daerah asli untuk mencapai target dan mempertahankan juara umum pada Jambore tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Muaraenim, tahun 2015.

"Kita andalkan kreasi tari asli Bumi Sebimbing Sekundang (sebutan Kabupaten Ogan Komering Ulu-red). Tahun 2014 kita juara umum Jambore tingkat Provinsi Sumsel. Target kita tahun ini bisa mempertahankan predikat juara umum," kata Kabid Pemuda Disporabudpar OKU, Iwan Setiawan, saat pelepasan para peserta Jambore asal OKU di Baturaja, Jumat.

Selain kreasi tari, menurut Iwan, Kabupaten OKU pada ajang bergengsi tingkat provinsi Sumsel itu juga mengandalkan lomba olahraga tradisional misalnya tarik tambang, serta lomba masak menampilkan masakan tradisional OKU Pindang Tempoyak.

Menurut dia, aneka lomba yang akan ditampilkan pada jambore tingkat Sumsel itu semuanya sesuai dengan petunjuk pihak provinsi.

Pelaksana tugas Kepala Disporabudpar OKU, Paisol Ibrahim mengatakan, Jambore tingkat Provinsi Sumsel ke-3 tahun 2015 di Muaraenim, pada 5-9 Juni 2015, mereka mengirim 22 orang pemuda pemudi, terdiri atas 11 laki-laki dan 11 perempuan.

"Persiapan sudah dilakukan sejak tiga bulan sebelumnya. Semoga dengan persiapan yang cukup lama dan matang ini, putra putri terbaik OKU bisa mengharumkan nama daerah," kata Paisol.

Ia menambahkan, OKU tahun 2016 akan menjadi tuan rumah Jambore tingkat provinsi yang akan diikuti 500 orang lebih pemuda dan pemudi se-Sumsel.

Paisol berpesan, peserta jambore daerahnya agar mengikuti perlombaan Jambore Sumsel dengan sportif. "Target juara sudah pasti, namun sportifitas tetap harus dikedepankan untuk mengharumkan nama OKU.