Perseteruan warga dua desa berakhir damai

id camat, camat peninjauan feri iswan

Perseteruan warga dua desa berakhir damai

Camat Peninjauan OKU (Foto Antarasumsel.com/15/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Setelah melalui proses panjang, akhirnya dua desa berseteru akibat ulah oknum beberapa pemuda beberpa waktu lalu, setelah ditengahi unsur Muspika Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, kini sepakat damai.

Proses mediasi antara warga Desa Bindu dan Desa Lubuk Rukam dipimpin unsur Muspika kecamatan di gedung Serba Guna Kecamatan Peninjauan, Rabu dihadiri kepala desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dari dua desa meskipun awalnya sempat menegangkan, namun akhirnya kedua belah pihak mendapat titik temu.

Camat Peninjauan, Feri Iswan memimpin mediasi menyampaikan terima kasih kepada kedua belah pihak telah membuka hati untuk mengakhiri perseteruan beberpa oknum pemuda yang akhirnya melibatkan banyak pihak.

Menurut Feri, kedua belah pihak sepakat untuk berdamai, dengan adanya awal penyelesaian ini, nantinya akan ditindak lanjuti dengan mengadakan syukuran dihadiri oleh unsur Muspika setempat pada Senin (27/7).

Dikatakannya, pada acara syukuran tersebut akan diundang pemuda karang taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemerintah desa, dan BPD dari dua desa serta unsur Muspida Kabupaten OKU.

Menurut dia, terjadinya perseteruan pemuda di dua desa tersebut, bermula dari beberapa waktu lalu sekelompok pemuda Desa Bindu yang melempari pemuda Lubuk Rukam mengakibatkan salah satu dari pemuda Lubuk Rukam luka di bagian kepala.

Sementara, Camat Peninjauan Feri Iswan berharap, tidak ada lagi perseteruan antar pemuda bahkan antar desa dan semua pihak senantiasa mengedepankan kerukunan dan kedamaian demi keamanan dan kenyamanan masyarakat yang pada akhirnya menuju masyarakat aman dan sejahtera.

Dikatakannya, Yang lebih utama lagi berdasarkan historis Desa Bindu yang dikenal masyarakat luas sebagai desa religius, dan Desa Lubuk Rukam sebagai juara Lomba Desa Provinsi Sumatera Selatan, keduanya harus dijaga nama baiknya di mata masyarakat luas.

"Nama baik kedua desa inilah yang harus kita jaga bersama agar menjadi sumber inspirasi bagi desa-desa lain untuk ke arah kemajuan bersama," katanya.

Pada acara tersebut, hadir Kapolsek Peninjauan Iptu Syafaruddin, Danramil 0403-02, Kapten CZI Handayani, serta KUA Peninjauan Amruddin.