Puan Maharani dukung songket Palembang warisan budaya

id puan maharani, songket, kain songket palembang, budaya, menko bidang pembangunan manusia, kain

Puan Maharani dukung songket Palembang warisan budaya

Kain songket khas Palembang (Foto Antarasumsel.com/Dolly Rosana)

....Kain songket Palembang akan diluncurkan sebagai warisan budaya....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mendukung sepenuhnya songket menjadi pakaian khas daerah Sumatera Selatan sehingga pihaknya akan menghadiri peluncuran songket sebagai warisan budaya di Palembang mendatang.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Peluncuran Songket Permana saat rapat di Palembang, Jumat mengatakan, saat pertemuan dengan  menteri beberapa waktu lalu Puan Maharani mendukung sepenuhnya akan diluncurkannya kain songket sebagai warisan budaya tersebut.

Menteri mengatakan, jadi siapa lagi akan akan melestarikan kain  khas daerah selain masyarakat Sumsel itu sendiri, kata dia.

Oleh karena itu pihaknya sekarang ini sedang mempersiapkan diri dalam meluncurkan kain songket menuju dunia yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Menurut dia, dalam peluncuran tersebut akan ditampilkan seluruh motif yang ada di Sumsel.

Selain itu Ketua Dewan kerajinan Nasional Daerah Sumsel Hj Eliza Alex akan merancang songket yang menyatukan 20 motif dari dalam satu gaun.

Ini salah satu khas yang akan memecahkan rekor Muri dalam acara peluncuran songket sebagai warisan budaya tersebut, kata dia.

Bukan itu saja tetapi dalam acara tersebut peserta hadir dengan menggunakan songket sehingga semakin menarik, ujar dia.  

Sementara Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Ruslan Bahri mengatakan, pihaknya minta kesiapan bidang yang termasuk dalam peluncuran songket tersebut.

Hal ini supaya peluncuran nanti benar-benar siap sekaligus songket bisa menjadi kebanggaan masyarakat daerah ini, tambah dia.