Ogan Komering Ulu ikut lomba desa nasional

id camat, camat peninjauan

Ogan Komering Ulu ikut lomba desa nasional

Camat Peninjauan (Foto Antarasumsel.com/15/E Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Ogan Komering Ulu kembali berhasil meloloskan Desa Penilikan SP 4 Kecamatan Peninjauan mewakili Provinsi Sumatera Selatan ke lomba tingkat nasional.

Desa Penilikan berhasil menyingkirkan 17 desa yang mewakili kabupaten/kota di Sumatera Selatan dan setelah dilaksanakan kriteria penilaian maka diputuskan Desa Penilikan menjadi juara mewakili provinsi Sumsel ke tingkat Nasional, kata Camat Peninjauan Feri Iswan di Baturaja, Rabu.

Pihaknya bersama perangkat Desa Penilikan tengah mempersiapkan segala hal untuk menghadapi lomba di tingkat Nasional, salah satunya data instrumen penilaian.

Untuk menghadapi lomba desa tingkat nasional, pihaknya dan perangkat desa mempersiapkan bersifat teknis administratif kelengkapan berkas sesuai dengan petunjuk pelaksana Dirjen Kemendagri berupa file instrumen penilaian antara lain profil, data monografi, renstra serta produk unggulan baik tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten semuanya dijilid dalam satu buku dan berupa CD.

Sementara disinggung kesiapan di lapangan, Feri mengatakan pihaknya lebih menitik beratkan pada indikator penilaian antara lain tata kelola administrasi pemerintahan dan administrasi keuangan desa, sektor pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat, keamanan dan ketertiban, sosial keagamaan dan kemasyarakatan.

"Pada Selasa (28/7) kami menyerahkan berkas kepada BPMPD provinsi, setelah itu hari ini langsung menyerahkan berkas ke Dirjen PMD Kemendagri", katanya.

Ia mengatakan, setelah berkas diserahkan ke Dirjen PMD Kemendagri proses selanjutnya pemeriksaan dan penelitian berkas untuk menentukan 10 besar nasional, setelah itu tim penilai lomba desa nasional turun ke lapangan untuk verifikasi faktual mencocokkan data dengan kondisi riil di desa.

setelah itu, seluruh peserta lomba desa tingkat nasional dikarantina di Jakarta selama satu minggu mulai 13-19 Agustus untuk mengikuti rangkaian kegiatan lomba desa yang telah diagendakan oleh panitia pusat, katanya.