Jumat, 22 September 2017

IPM Ogan Komering Ulu tertinggi di Sumsel

id ipm, ipm oku tertinggi
IPM Ogan Komering Ulu tertinggi di Sumsel
Paripurna DPRD Kabupaten OKU (Foto:antarasumsel.com/Edo Purmana/Adv/)
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noedin mengatakan bahwa Ogan Komering Ulu merupakan kabupaten dengan Indek Pertumbuhan Manusia tertinggi di Sumatera Selatan yakni 74,42, artinya pembangunan di OKU selama ini telah berhasil di segala bidang.
    
Menurut Alex, sebagai kabupaten yang sudah berusia 105 tahun, maka kinerja para Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) sudah sangat bagus, karena memang selama ini daerah itu dipimpin oleh orang-orang yang berpengalaman di birokrasi," kata Gubernur Alex Noerdin ketika menghadiri paripurna istimewa DPRD OKU di Baturaja, Kamis.

Oleh karena itu, ia berharap, supaya pembangunan di daerah itu bisa dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan yang tentunya ke depan harus tetap dipimpin oleh orang-orang berpengalaman di birokrasi.

"Saya ini bukan mau berkampanye, karena sebagai Gubernur saya harus netral. Tetapi saya ingin memberikan saran kepada warga OKU, serta enam kabupaten/kota lainnya di Sumsel yang akan menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 supaya memilih pemimpin berpengalaman dan berani. Soal siapa orangnya silahkan dinilai sendiri," katanya.

Alex Noerdin mengatakan, sebentar lagi OKU harus diisi oleh Pelaksana tugas (Plt) bupati. Dengan menghadapi masyarakat OKU yang berani, cerdas, disiplin dan memiliki berbagai potensi wisata bahkan tingkat dunia, maka sebagai gubernur sedikit bingung memilih siapa sosok yang tepat untuk diberi amanah itu.

Ia mengaku, berpikir keras untuk menentukan siapa yang tepat menjabat Plt Bupati OKU. "Ada tujuh kabupaten di Sumsel akan melaksanakan Pilkada serentak, dan tidak bisa ditunjuk sembarang orang,

Plt Bupati ini harus bisa mengayomi, punya wibawa serta tanggung jawab, sebab tugasnya sangat berat. Apalagi Kabupaten OKU yang IPM nya nomor satu di Sumsel, kata Alex.

Orang nomor satu di Sumsel ini menegaskan, pengalamannya menjadi Ketua Bupati se Indonesia menemukan fakta bahwa setiap kabupaten budayanya berbeda-beda. Mulai dari kabupaten yang wilayahnya luas sampai wilayahnya kecil, namun seluruhnya ingin diperlakukan sama.

"Setelah saya amati akhirnya dapat menarik satu benang merah bahwa jika kepala daerahnya bagus, maka pembangunan di segala sektor di daerah tersebut akan bagus juga. Tolak ukurnya salah satunya dengan melihat perkembangan IPM di daerah itu," tegasnya.

Alasannya lanjut Alex, IPM ini merupakan perwakilan dari sektor-sektor lain. Kalau IPM daerah bagus berarti sektor-sektor lain bagus.

Terkait Pilkada, Alex mengingatkan, bagi masyarakat di tujuh kabupaten/kota di wilayahnya yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang, maka harus pandai memilih pemimpin sesuai hati nurani. Misalnya di OKU ini, harus dipimpin orang yang benar-benar berpengalaman.

Sementara, Bupati OKU, Kuryana Aziz mengatakan bahwa fakta yang tidak bisa terbantahkan adalah bahwa Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten OKU dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir terbaik dan tertinggi di wilayah Sumatra Selatan.

"Kita merupakan yang tertinggi dan terbaik di Sumatra Selatan, tentu ini cukup membanggakan sebab penilaian itu merupakan banyak akumulasi," kata Kuryana.

Menurut dia, akumulasi itu adalah indikator derajat hidup, tingkat kesehatan, tingkat ekonomi, tingkat pendidikan, tingkat keamanan dan pembangunan rata-rata yang terbaik dan tertinggi dari beberapa kabupaten/kota di Sumsel.

Keberhasilan itu, kata dia, bukanlah yang datang sendiri dan tiba-tiba, tapi merupakan buah kerja sama seluruh elemen baik dari pemerintah setempat, legislatif, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh komponen masyarakat.

"IPM ini dinilai secara ilmiah dengan survei oleh tim indipendent yang di dalamnya terdapat unsur akademisi, unsur pemerintah dan unsur profesional lainnya" ujarnya.

Adanya Universitas, salah satu bukti Kabupaten OKU adalah satu-satunya Kabupaten/Kota yang memiliki universitas dan perguruan tinggi lainnya, tentu itu menunjukkan bahwa sentral pendidikan di luar Kota Palembang, dan Ramayana adalah mall yang hanya dimiliki oleh Kabupaten OKU di luar Kabupaten lain.

"Menunjukkan iklim usaha yang aman dan kondusif pertumbuhan ekonomi tinggi. Belum lagi pertumbuhan sektor wisata, penemuan Goa Harimau sudah dikenal secara nasional maupun internasional" tegasnya.
‪
Ia berharap, ke depan rakyat OKU coba berikan masukan-masukan positif kepada pemimpin atau kepala daerah.(Adv)

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga