Kamis, 27 Juli 2017

Sekolah luar biasa Palembang terapkan kurikulum 2013

id slb, kurikulum 2013
Sekolah luar biasa Palembang terapkan kurikulum 2013
Siswi Sekolah Luar Biasa - B Karya Ibu Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 13 Sekolah Luar Biasa di Palembang, Sumatera Selatan menerapkan kurikulum 2013 pada tahun pendidikan 2015-2016.

Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) B Yayasan Pendidikan Anak Cacat Palembang, Lega Raharja di Palembang, Senin, penerapan Kurikulum 2013 (K-13) menjadi yang pertama pada SLB mengingat sekolah umum sudah dimulai tahun lalu.

"Kurikulum 2013 (K-13) memang sedikit berbeda dengan sekolah umum, mulai dari silabus hingga rancangan pokok pembelajaran (RPP). Tapi, melalui pelatiahn maka sangat optimitis dapat diterapkan tahun ini, mulai dari tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), hingga Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB)." kata dia.

Ia mengatakan, selama ini dalam RPP SLB penerapan metode pendidikan berdasarkan ketunaan (tuna daksa, tuna grahita, tuna runggu, tuna netra) anak didik.

"Sementara dalam K-13, pendidikan tidak hanya berupa pemberian materi pelajaran tapi ditambah dengan pendidikan nilai dan norma," kata dia.

Ia menambahkan, perbedaan mencolok dalam kurikulum ini terbilang sulit bagi SLB khususnya SLB B lantaran keterbatasan bahasa komunikasi.

"Untuk itu, SLB akan memberlakukan metode pembelajaran khusus yakni Metode Maternal Reflektif (MMR), guru bertatapan langsung dengan siswa dalam setiap proses belajar mengajarnya," kata dia.

Sehingga penanaman nilai dan norma pada kurikulum ini dapat diterapkan pada murid SLB meski hanya menggunakan indera yang terbatas.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga