PTBA bukukan laba bersih Rp800 miliar

id ptba, pt bukit asam, laba ptba, keuntungan, perusahaan tambang batubara, batubara, direktur keuangan ptba, ahmad sudarto

PTBA bukukan laba bersih Rp800 miliar

Direktur Keuangan PTBA Ahmad Sudarto (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Perusahaan tambang batubara PT Bukit Asam (Persero) Tbk membukukan laba bersih sekitar Rp800 miliar.

"Berdasarkan perhitungan pada semester pertama 2015, perusahaan mampu menghadapi kondisi sulit sekarang ini dan dapat membukukan laba bersih yang cukup besar," kata Direktur Keuangan PT Bukit Asam Ahmad Sudarto di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, laba bersih yang berhasil dibukukan tersebut diperoleh dari penjualan batubara sekitar 10 juta ton ke pasar domestik dan internasional.

Khusus penjualan ke pasar internasional, beberapa negara sasaran ekspor diantaranya Tiongkok, India, Pakistan, Jepang, dan Myanmar, katanya. 

Menurut dia, dalam kondisi sulit sekarang ini kinerja perusahaan tambang batubara yang beroperasional di wilayah Tanjungenim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan itu tergolong cukup baik. 

Untuk mempertahankan kinerja tersebut, pihaknya berupaya melakukan efisiensi dan terobosan bisnis yang dapat memperluas pasar batubara dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Dengan terobosan bisnis yang dilakukan dalam kondisi sulit sekarang ini, kegiatan pemasaran batubara berjalan dengan baik sesuai target yang ditetapkan. 

Melihat kegiatan pemasaran kepada mitra perusahaan yang telah terikat kontrak dan pelanggan baru berjalan tanpa ada hambatan yang berarti, pihaknya optimistis target penjualan batubara pada 2015 ini sebesar 20 juta ton dapat dicapai, kata Sudarto.