Atraksi budaya tampil pada karnval

id budaya, atraksi budaya, diknas, pelajar, festival, pekan budaya, widodo

Atraksi budaya tampil pada karnval

Ilustrasi - Pertunjukan teatrikal Dapunta hyang meriahkan Pembukaan Festival Sriwijaya di Taman Purbakala Sriwijaya Palembang, Kamis (11/6) malam. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/Den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Atraksi budaya khas dari berbagai kabupaten dan kota dijadwalkan akan tampil pada karnaval Pekan Budaya Pelajar Sumatera Selatan di Palembang, Sabtu (22/8).

Atraksi budaya  pelajar se- Sumatera Selatan itu akan dipusatkan di panggung kehormatan simpang DPRD Sumsel, kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan  Widodo di Palembang, Jumat.

Dinas Pendidikan setempat akan menggelar karnaval budaya serangkaian Pekan Budaya Pelajar Sumsel.
Karnaval budaya akan diikuti ribuan siswa-siswi dari berbagai sekolah di Sumsel.

Menurut dia, setiap peserta akan melaksanakan atraksi dengan menampilkan budaya dari daeranya masing-masing.

Penampilan budaya itu juga akan dihadiri Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan pejabat terkait lainnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, karnaval  tersebut diadakan agar masyarakat semakin mencintai seni dan budaya daerah masing-masing, sebab  bila budaya daerah sudah melekat maka anak didik dapat menjadi diri sendiri walaupun wawasannya sudah mendunia.

"Oleh karena itu mari bersama-sama pencintai budaya daerah agar kearifan lokal melekat kepada masyarakat terutama di kalangan pelajar," ujar dia.

Karnaval tersebut juga diikuti tim dari Salatiga Carnaval Center dan nantinya mereka turut andil memperkenalkan budaya daerah yang sudah menasional seperti Gending Sriwijaya.

Sementara itu Presiden Direktur Salatiga Carnaval  Center Theo mengatakan pihaknya akan menampilkan berbagai budaya yang akan diperankan seniman yang berpengalaman.

Bahkan, juga akan menampilkan kebudayaan daerah ini melalui drama Gending Sriwijaya.

Sumsel kaya dengan budaya sehingga itu lebih dimodifikasi lagi agar penampilannya semakin menarik, katanya.