Sekda minta Dinas Pertanian atasi kekeringan

id pompa, atasi kekeringan

Sekda minta Dinas Pertanian atasi kekeringan

Pemkot Palembang siapkan pompa air atasi kekeringan (Foto: antarasumsel.com)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan H Mukti Sulaiman minta kepada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura untuk mengantisipasi musim kemarau sekarang ini terutama bila ada persawahan mengalami kekeringan.

Bila perlu dibantu pompa dan sumur bor supaya tidak terjadi gagal panen, kata Sekda kepada wartawan di Palembang, Sabtu.

Kesemuanya itu dilakukan supaya persawahan yang ada di daerah ini tidak ada masalah, karena kemarau diperkirakan masih lama sehingga perlu diantisipasi sejak dini, kata dia.

Yang jelas ketahanan pangan harus selalu terjaga sekaligus Sumsel tetap kelebihan beras bahkan melebihi tahun sebelumnya, ujar dia.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel Erwin Noorwibowo mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan pompa kepada petani persawahan terutama yang belum memiliki irigasi.

Selain itu pihaknya menyediakan bantuan pompa dari Kementerian Pertanian bila ada yang mengusulkan maka bantuan dikucurkan.

Kesemuanya itu dilakukan supaya Sumsel tetap suplus beras bahkan melebihin pada tahun sebelumnya, tambah dia.