AYJO akan sambangi dua kota besar Indonesia

id ayjo, musisi, jazz, musik, jakarta, yogyakarta, jazz asia

AYJO akan sambangi dua kota besar Indonesia

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Puluhan musisi yang tergabung dalam kelompok musik Asian Youth Jazz Orchestra (AYJO) akan menyambangi dua kota besar di Indonesia yaitu Jakarta dan Yogyakarta dalam rangkaian tur mereka di negara-negara Asia Tenggara.

"Japan Foundation Asia Center dan Planet Arts Co. mempersembahkan para musisi yang tergabung dalam kelompok orkestra Jazz AYJO yang akan menggelar konser di Jakarta dan Yogyakarta dalam tur-nya di Indonesia," kata Cultural Section Staff Japan Foundation Indonesia Femia Yamaniastuti dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Rangkaian konser di dua kota tersebut, ujar Femia, adalah termasuk rangkaian ASEAN Tour AYJO yang dimulai dari Indonesia. Dalam konser tersebut juga, akan ada Master Class Improvisasi Jazz bersama Music Director AYJO Osamu Matsumoto di ISI Yogyakarta yang terbuka untuk umum.

AYJO dijadwalkan menggelar konser di Jakarta pada 17 September 2015 di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Sementara untuk konser di Yogyakarta akan digelar pada 20-21 September 2015 di kampus ISI Yogyakarta.

"Setelah menggelar tur Indonesia, selanjutnya tur Asia Tenggara ini akan berlanjut ke Manila, Singapura, Bangkok, dan Kuala Lumpur. Tidak hanya sampai di situ, pada bulan Januari 2016 seluruh anggota AYJO akan berkumpul kembali untuk menggelar konser di beberapa kota di Jepang dalam AYJO Japan Tour 2016," ujar dia.

Dari informasi yang dihimpun Antara, AYJO adalah sebuah orkestra jazz baru yang merupakan gabungan dari musisi-musisi muda Jepang dan Asia Tenggara dibawah komando Osamu Matsumoto yang merupakan 'Music Director' dari orkestra ini.

Sekitar tiga puluh musisi berbakat dalam orkestra tersebut, termasuk di antaranya empat orang musisi muda dari Indonesia yang sebelumnya telah mengalami proses seleksi dan audisi di negara masing-masing.

Empat orang musisi Indonesia berbakat tersebut adalah Bernard Zulfredo Purba, Dino Yulio Wijaya, Muhammad Nur Ikhsan dan Geraldo Bhaskara Putra Sibbald.

"Yang mewakili Indonesia yang terdaftar adalah tiga orang, karena nama terakhir adalah mahasiswa Indonesia yang mengikuti audisi di Singapura," kata Femia menambahkan.

Di Indonesia sendiri proses seleksi sudah dimulai sejak akhir tahun 2014. Pada bulan Februari 2015 audisi berlangsung di dua tempat yaitu di Jakarta dan Yogyakarta, diikuti lektur dan mini konser dari anggota AYJO dari Jepang yang sudah terbentuk.

Seluruh anggota AYJO yang terpilih diumumkan pada bulan April 2015 dan mendapatkan kesempatan untuk berlatih secara intensif dalam kamp pelatihan yang berlangsung sejak tanggal 19 Agustus sampai 1 September 2015 di Jepang.