Ditlantas Sumsel persiapkan diri hadapi Asian Games

id ditlantas, ditlantas sumsel, polisi, lalu lintas, asian games 2018, Kombes Pol Bambang Pristiwanto

Ditlantas Sumsel persiapkan diri hadapi Asian Games

Sejumlah personil polisi lalu lintas Polda Sumsel melakukan apel di Lapangan Griya Agung Palembang Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan mulai mempersiapkan diri untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran arus lalu lintas menghadapi Asian Games di Palembang pada 2018.

"Penyelenggaraan pesta olahraga yang akan diikuti lebih dari 40 negara di kawasan Asia itu perlu dilakukan berbagai persiapan yang matang termasuk di bidang lalu lintas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Bambang Pristiwanto pada acara syukuran HUT ke-60 Polisi Lalu Lintas di Palembang, Selasa. 

Menurut dia, permasalahan kemacetan arus lalu lintas di Ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini menjadi perhatian utama pihaknya untuk segera diatasi sehingga tidak menimbulkan masalah yang dapat mengganggu kesuksesan event besar itu. 

Kondisi jalan di Kota Palembang pada jam-jam kerja pagi hingga sore hari sering terjadi penumpukan kendaraan bermotor roda dua dan empat karena jumlah kendaraan tidak seimbang dengan ruas jalan yang tersedia.

Untuk mencegah terjadinya kemacetan arus lalu lintas, pihaknya berupaya menempatkan petugas pada ruas jalan yang terdapat penumpukan kendaraan dan melakukan pengalihan arus.

Selain itu, pada saat Kota Palembang kedatangan tamu atau sedang menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga, pihaknya berupaya memberikan pengawalan mulai dari bandara, tempat menginap, hingga menuju lokasi kegiatan.

Melalui persiapan yang baik sejak jauh hari, diharapkan jajaran Ditlantas Polda Sumsel bisa menyiapkan personel dan fasilitas pendukung pengaturan lalu lintas dan pengawalan tamu penting yang akan mengikuti berbagai kegiatan selama berlangsungnya Asian Games.

Dengan terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran arus lalu lintas selama berlangsungnya Asian Games, diharapkan dapat memberi kesan positif terhadap bangsa dan negara ini dan mendorong mereka untuk kembali berkunjung ke Sumsel, ujarnya.