Rabu, 22 Februari 2017

Pemkot dorong pasar beraktivitas sampai malam

id walikota, harnojoyo
Pemkot dorong pasar beraktivitas sampai malam
Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/15/Nila Fuadi/Aw)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang mendorong pasar modern dan tradisional mulai beraktivitas hingga malam hari untuk mendukung peran sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Jumat, mengatakan, pasar merupakan sentra ekonomi yang harus dihidupkan saat pelaksanaan Asian Games karena di kawasan ini akan terjadi perputaran uang yang cukup tinggi.

"Jika sore sudah tutup, rasanya sayang. Apalagi Asian Games ini belum tentu akan digelar lagi di Palembang. Untuk itu, mulai saat ini Pemkot Palembang akan mengarahkan pasar buka hingga larut malam, jika tidak bisa 24 jam, setidaknya sampai pukul 23.00 WIB," kata Harnojoyo.

Untuk memuluskan rencana ini, pemkot akan menyediakan fasilitas pendukungnya, seperti sarana transfortasi, petugas keamanan, dan lainnya.

Berbagai infrastruktur penunjang sudah direncanakan seperti jalur kereta api ringan dan Bus Trans Musi yang langsung menuju Kompleks Olahraga Jakabaring.

"Bukan hanya pasarnya yang akan disuruh buka hingga larut, restoran dan kafe juga. Jadi Kota Palembang ini akan benar-benar hidup seperti layaknya kota-kota internasional di dunia," kata dia.

Ia menambahkan, pemkot juga sedang merancang peraturan mengenai pemasangan baliho yang harus LED.

"Fungsi baliho ber-LED ini sangat banyak, selain dapat menerangi kota, juta memberikan kesan modern. Jadi Kota Palembang tidak gelap, para pendatang akan nyaman berjalan-jalan," kata dia.

Tak hanya menata baliho, Pemkot Palembang akan fokus pada penghijauan dan kebersihan lingkungan.

Kebersihan kota ini harus menjadi perhatian karena sering ditemukan tumpukan sampah di pusat kota, seperti di pinggiran Sungai Musi, kawasan pasar, dan kawasan umum lainnya.

"Jika hanya mengandalkan petugas dan armada yang ada, jelas tidak cukup sehingga membutuhkan sekali peran masyarakat. Itulah dilakukan kegiatan bersih-bersih setiap akhir pekan di beberapa lokasi. Ini untuk menggugah masyarakat, setidaknya mereka membersihkan area sekitar tempat tinggalnya saja dulu," kata dia.

Kota Palembang terus berbenah untuk persiapan menggelar Asian Games ke-18 tahun 2018. Salah satu yang mencolok yakni pembangunan sejumlah infrastruktur transportasi yakni jalan tol, jalan layang dan underpass.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga