Karnaval busana akan semarakan peluncuran songket dunia

id karnaval, karnaval busana, Sriwijaya Fashion Karnival, songket, plt kadis pariwisata, dinas pariwisata sumsel, Irene Camelyn Sinaga

Karnaval busana akan semarakan peluncuran songket dunia

Ilusrtasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Karnaval busana diantaranya dengan menampilkan berbagai jenis motif pakaian akan menyemarakan peluncuran songket sebagai warisan dunia di Palembang pada 21 November 2015.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Selasa mengatakan, pihaknya akan menggelar karnaval dengan menampilkan berbagai jenis pakaian serangkaian kegiatan peluncuran songket tersebut. 

Dalam karnaval tersebut juga akan ditampilkan puluhan macam tekstil Sriwiajaya sehingga masyarakat semakin mengenal pakaian khas daerah ini, ujar dia.

Menurut dia, para peserta nantinya akan menampilkan busana dengan beragam kreatitifas dengan tema pesona teksil Sriwijaya.

"Karnaval tersebut akan mengikutsertakan seniman daerah sehingga kegiatan tersebut semakin menarik dan juga diharapkan dapat memotivasi pengusaha lokal," ujar dia.

Bahkan, pihaknya telah melaksanakan koordinasi dengan para seniman yang ada di daerah itu terutama mengenai corak pakaian yang akan ditampilkan. 

Mengenai peserta, menurut dia, saat ini sudah mendaftar 210 orang terdiri dari 21 kelompok dari kabupaten dan kota termasuk para pelajar dan seniman.

Festival diberi judul "Sriwijaya Fashion Karnival" tersebut akan memperebutkan piala Kementerian Pariwisata, Gubernur Sumsel dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel.

Menurut dia, karnaval akan dilaksanakan mulai pagi hari setelah itu dilanjutkan dengan peluncuran songket sebagai warisan budaya dunia.

"Mudah-mudahan karnaval tersebut meriah sehingga peluncuran songket semakin menarik dan berlangsung sukses," katanya.

Peluncuran songket direncanakan dilaksanakan di Palembang Sport Covention Center yang juga akan dihadiri beberapa menteri.