Jumat, 21 Juli 2017

Bidan Desa: deteksi dini kesehatan ibu hamil

id bidan, ibu hamil
Bidan Desa: deteksi dini kesehatan ibu hamil
Deteksi dini atau pemeriksaan kesehatn ibu hamil sangat penting (Foto: antarasumsel.com/ Banu/15)
Penukal Abab (ANTARA Sumsel) - Bidan Desa, Kasmiati menyatakan sangat penting melakukan deteksi atau pemeriksaan kesehatan saat kehamilan bagi ibu hamil dan menyusui secara rutin sejak dini, serta pemberian nutrisi gizi yang baik.

Sementara, dari 100 persen ibu hamil dan menyusui di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) Sumatera Selatan, masih ada yang kekurangan nutrisi gizi diketahui setelah dilakukan pemeriksaan, kata Bidan Desa Kasmiati pada seminar dan USG gratis di Pendopo ibukota Kabupaten Pali, Kamis.

Menurut dia, ada beberapa ibu hamil dan menyusui yang masih kurang asupan gizi, dan hal ini segera ditindak lanjuti untuk memberikan asupan dan nutrisi agar kesehatan dan asupan gizi ibu tersebut tercukupi.

Ia menilai, wajar saja prilaku ibu yang tengah hamil terkadang susah makan dan sering mual.

Dengan adanya seminar ini tentunya akan menambah wawasan juga kesigapan para ibu hamil dan menyusui untuk menjaga masa kehamilanya dengan mencukupi asupan gizi, kata Kasmiati.

Sementara, Kartika (28) ibu hamil warga Pali mengatakan sangat beruntung dengan kegiatan ini, karena bisa melakukan pemeriksaan kehamilan dengan ultrasonografi (USG) adalah salah satu metode skrining untuk memeriksa kehamilan yang dianggap aman secara gratis.

Ia mengatakan, sangat jauh jika harus pergi ke kota, karena di desa terpencil ini belum ada fasilitas USG , selain itu biaya pemeriksaannya terbilang cukup mahal. "Jadi program ini sangat membantu warga di sini untuk memeriksakan kehamilan gratis," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pali, dr Eni Zatilah berharap kepada semua ibu hamil dan menyusui untuk secara rutin memeriksakan diri ke posyandu terdekat.

Dengan rutin memeriksakan diri, tentunya jika ada penyebab atau gangguan kesehatan cepat terdeteksi dan segera bisa ditanggulangi dan diobati.

Eni mengingatkan, adanya masukan kekurangan nutrisi dari ibu hamil dan menyusui, bisa disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi atau bisa juga adanya indikasi atau gejala penyakit.

Ia mengakui, jika untuk pemeriksaan USG di Kabupaten Pali hanya ada di Rumah Sakit Talang Ubi Pendopo saja.

Sementara, bagi Ibu hamil dan menyusui yang ingin memeriksakan kesehatanya bisa melalui program BPJS atau jalur umum karena belum menjadi anggota BPJS dengan tarif rumah sakit umum, kata Eni.

Panitia penyelenggara seminar, Edi mengatakan bahwa program ini ditargetkan untuk ibu hamil dan menyusui serta anak di bawah usia lima tahun (balita) guna mewujudkan ibu sehat dan balita cerdas.

Di samping itu untuk mempermudah dan membantu ibu hamil dan menyusui yang ada di pelosok Kabupaten Pali memeriksa kehamilan dan gizi dikandungannya secara gratis.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga