Dinas Kehutanan siapkan ribuan bibit tanaman hutan

id bibit tanaman, tanaman, hutan, dinas kehutanan, musirawas

Dinas Kehutanan siapkan ribuan bibit tanaman hutan

Kawasan Hutan (Foto Antarasumsel.com/13/Awi)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Dinas Kehutanan Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan menyiapkan ribuan pohon bibit kayu tanaman hutan untuk dibagikan ke masyarakat yang lahan sekitarnya sudah gundul.

"Kita akan melestarikan hutan di sekitar pemukiman penduduk dan memanfaatkan lahan tidur untuk dihijaukan agar fungsi hutan kembali seperti aslinya," kata Kepala Bidang Rrehabilitasi Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Kabupaten Musirawas, Sri Lastuti di Musiwarawas, Selasa.

Ia mengatakan Dinas Kehutanan akan memberikan bibit kayu kepada masyarakat secara gratis khususnya yang mempunyai lahan tidur untuk dihijaukan kembali.

Masyarakat yang akan diberikan bibit itu, khusus bagi mereka yang tak mampu membeli bibit kayu untuk menghijaukan lahan disekitar pemukiman mereka.

Bibit kayu yang disediakan setiap tahunnya disesuai dengan minat masyarakat itu sendiri, namun dishut tetap menyediakan semua jenis tanaman hutan yang sudah diberikan kepada masyarakat selama ini.

Jenis bibit kayu yang diberikan ke masyarakat antara lain menghasilkan buah seperti pohon durian, nangka, rambutan dan jengkol, namun ada juga kayu jenis mahoni, akasia dan lainnya.

Persyaratan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bibit tanaman antara lain melampirkan surat permohonan, foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat rekomendasi dari Kepala Desa (Kades).

Untuk batasan pemberian bibit itu tidak ada, namun jika warga mengajukan dalam jumlah banyak maka akan dilakukan pengecekan ke lapangan untuk memastikan apakah lahan tersebut ada atau tidak serta luasnya.

Salah seorang warga Muara kelingi Arpan mengatakan kawasan lahan yang rawan longsor sebagian besar di daerah aliran Sungai Kelinggi, sehingga dibutuhkan kayu bisa menahan longsor tersebut seperti jenis trembesi dan lainnya.

"Kami sudah mengajukan permintaan ke Dinas Kehutanan untuk bibit jenis kayu tersebut karena kawasan hutan daerah aliran sungai sangat rawan longsor, apa lagi musim penghujan," ujarnya.