Dispora siap dongkrak PAD sektor pariwisata

id air terjun, air terjun curup tenang

Dispora siap dongkrak PAD sektor pariwisata

Dispora siap dongkrak PAD sektor pariwisata (Foto: antarasumsel.com/ Banu/15)

Muaraenim, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan siap mendongkrak pendapatan asli daerah sektor pariwisata, karena sektor tersebut sangat menjanjikan.

"Dari data pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata sangat menjanjikan, seperti dari salah satu objek wisata air terjun Curup Tenang Bedegung mencapai Rp94 juta per tahun," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Muaraenim, Febriansyah Nang Ali, Rabu.

Dikatakannya, untuk pengelolaan objek wisata yang ada di Kabupaten Muaraenim saat ini belum dilakukan secara maksimal, padahal pencapainya sudah terlihat dan sangat menjanjikan.

Apalagi jika dilakukan dengan maksimal, tentunya hasilnya sudah bisa

diperkirakan, katanya.

Menurut dia, untuk mencapai target peninggkatan PAD dari sektor pariwisata, tentunya membutuhkan dukungan infrastuktur dan fasilitas pengembangan kawasan objek wisata yang ada.

Sementara, rencana kedepan di lokasi air terjung Curup Tenang Bedegung ditambah dengan kelengkapan fasilitas rekreasi, antara lain permainan air, kegiatan outbond ditargetkan tahun 2017 bisa terealisasi, karena saat ini masih dalam rencana penyusunan Detailed Engineering Design (DED).

Dijelaskannya, DED area kawasan wisata air terjun Curup Tenang Bedegung sangat penting, suatu rencana penyusunan detail kawasan, area atau industri dikaitkan dengan pengembangan wilayah zona wisata, sangat perlu diketahui profil tiga dimensinya, terutama detailed ketinggian atau topografisnya.

Ia menilai, Kabupaten Muaraenim wajar jika dijuluki kabupaten sejuta air terjun, karena banyak air terjun yang sekarang belum bisa dikembangkan semua untuk objek wisata, karena terkendala zona dan lokasinya masuk dalam kawasan hutan sehingga tak bisa dikembangkan.

Sementara, hal menjadi perhatian Pemda setempat saat ini adalah untuk memudahkan akses masuk ke wilayah wisata air terjun Curup Tenang harus ada akses jalan tersendiri dan jangan masuk dari jalan desa.

"Program ini yang kita harapkan kerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Muaraenim," katanya.

Selanjutnya, satu hal untuk menjadikan lokasi objek wisata air terjun Curup Tenang Bedegung menjadi lengkap, yaitu mengalirkan air panas dari Geoternal Gemuhak melalui pipa ke lokasi air terjun, sehingga menjadi objek wisata air hangat.