Puluhan wisman pesan hotel saksikan gerhana matahari

id wisatawan, gerhana matahari, matahari, pariwisata sumsel

Puluhan wisman pesan hotel saksikan gerhana matahari

Sejumlah remaja memadati jembatan Ampera untuk menikmati fajar pertama bulan Ramadan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (18/6). (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/Den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 50 orang wisatawan mancanegara telah memesan hotel untuk menyaksikan gerhana matahari total di Palembang pada 9 Maret 2016.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Irene Camalyn Sinaga di Palembang, Jumat mengatakan, memang wisatawan mancanegara akan berkunjung ke Palembang untuk menyaksikan gerhana matahari total tersebut.

"Hal ini karena mereka telah memesan hotel untuk bermalam selanjutnya melihat kejadian alam di Palembang tersebut," ujar dia.

Menurut dia, wisatawan asing itu antara lain dari Australia, Jepang dan Belanda dan untuk sementara ini jumlahnya sebanyak itu.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang peristiwa alam tersebut penting untuk dilihat karena kejadian bisa terjadi puluhan tahun.

Oleh karena itu wisatawan asing tersebut tertarik untuk melihat gerhana matahari yang hanya beberapa menit itu.

Menurut dia, kejadian alam tersebut memang akan dijadikan sebagai objek wisata bagi masyarakat.

Pihaknya akan menyiapkan tempat khusus bagi masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana matahari yang terjadi puluhan bahkan seratus tahun sekali tersebut, ujar dia.

Dia mengatakan, tempat yang disiapkan antara lain jembatan Ampera Palembang yang lokasinya cukup strategis karena tinggi dan luas untuk melihat.

Selain itu lantai atas hotel Aryaduta akan dijadikan tempat melihat gerhana matahari total tersebut, kata dia. 

Gerhana matahari total tersebut diharapkan menjadi daya tarik tersendiri termasuk mendongkrak kunjungan wisatawan, tambah dia.