Museum SMB II Palembang simpan 700 koleksi

id museum smb ii, museum, koleksi, naskah kuno

Museum SMB II Palembang simpan 700 koleksi

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (Foto Antarasumsel.com)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, menyimpan dan merawat dengan baik 700 koleksi peninggalan zaman Kesultanan Palembang Darussalam.

Koleksi berupa mata uang, prasasti, naskah kuno, kain dan pakaian tradisional, piranti saji, aksesoris kamar pengantin, keris, pedang, serta senjata tajam lainnya bisa dilihat masyarakat setiap hari sesuai dengan jam buka museum, kata Hatta salah seorang petugas Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, Senin.

Menurutnya, pada hari tertentu seperti musim liburan, dan adanya kegiatan seminar, pertandingan olahraga, atau kegiatan lainnya yang berskala nasional bahkan internasional pengunjung ke museum ini cukup banyak.

"Pada hari biasa pengunjung ke musem SMB II yang terletak di samping Jembatan Ampera kawasan Benteng Kuto Besak itu, paling banyak puluhan orang, namun pada momentum tertentu jumlahnya bisa mencapai ratusan orang," ujarnya. 

Dia menjelaskan, bagi masyarakat atau wisatawan yang akan mengunjungi museum ini, silakan datang setiap hari termasuk hari libur akhir pekan mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Namun jika ada kunjungan khusus, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung yang akan melihat koleksi peninggalan zaman Kesultanan Palembang, jam buka museum bisa lebih panjang lagi bahkan pada malam haripun bisa dilayani. 

Untuk masuk ke museum, pihaknya menetapkan biaya tiket masuk relatif murah bagi pengunjung yang berstatus pelajar dikenakan Rp1.000 per orang, mahasiswa Rp2.000, masyarakat umum Rp5.000, dan bagi turis atau wisatawan mancanegara dikenakan tiket masuk Rp20.000 per orang, kata petugas museum itu pula.