Jumat, 21 Juli 2017

Pemkot berikan bantuan ribuan bibit ayam ternak

id pemkot lubuklinggau, lubuklinggau, bibit ayam, ayam
Pemkot berikan bantuan ribuan bibit ayam ternak
Ilustrasi (FOTO ANTARA)
Lubuklinggau, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, memberikan bantuan ribuan ekor bibit ayam ternak kepada warga kurang mampu, untuk meningkatkan kesejahtraan dari penghasilan sehari-hari sebagai penyadap pohon karet milik warga mampu.

Bantuan itu khusus untuk warga di Kecamatan Lubuklinggau Barat karena masyarakat daerah itu sebagian besar petani kurang berhasil, kata Wakil Wali Kota Lubuklinggau Sulaiman Kohar, Rabu.

Ia mengatakan, bantuan itu merupakan kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakat berpenghasilan rendah, apa lagi krisis ekonomi melanda masyarakat akibat rendahnya harga jual hasil perkebunan dan pertanian.

"Saya mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan apa yang diberikan Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Dinas Peternakan dan Perikanan tersebut," katanya.

Disaat masa krisis seperti ini, pemerintah daerah mencari solusi untuk mengalihkan pekerjaan dan mata pencarian masyarakat, salah satunya beternak ayam kampung.

Para peternak tetap mengutamakan kualitas dan kesehatan ternaknya agar kepercayaan konsumen terus bertambah, sehingga wilayah itu bisa dipercaya sebagai pusat pembelian ayam berkualitas unggul.

Sementara harga jual tetap lebih tinggi dari ayam potong, karena akan dibina oleh petugas penyuluh lapangan khusus peternakan ayam agar hasilnya lebih baik dan diminati pelanggan, ujarnya.

Anggota DPRD Kota Lubuklinggau Murdianto mengharapkan bantuan tersebut bisa disalurkan tepat sasaran, sehingga dapat membantu tingkat ekonomi masyarakat berpenghasilan rendah.

Ia mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Lubuklinggau, bantuan bibti ayam itu jumlahnya mencapai 6.000 ekor disebarkan pada tiga kelurahan yaitu Kelurahan Rahma, Sukajadi dan Marga Rahayu.

Bantuan yang bersumber dari pemerintah provinsi Sumatera Selatan itu, harus sampai pada kelompok ternak di tiga kelurahan tersebut untuk memproduksi daging ayam kampung tipe daging lokal.

Sebelum bantuan itu disalurkan pemerintah Kota Lubuklingga telah memberikan bimbingan teknis kepada seluruh kelompok yang akan mendapat bantuan untuk menjaga kualitas daging ayam, ujarnya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga