Ratusan aparat amankan pelantikan bupati di Palembang

id polisi, satpol pp, pelantikan bupati

Ratusan aparat amankan pelantikan bupati di Palembang

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Ratusan aparat keamanan dari Polresta Palembang dibantu Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumatera Selatan disiagakan untuk mengamankan pelantikan bupati dan wakil bupati hasil Pilkada serentak.

Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Sumsel, Ikhwanuddin di Palembang, Rabu pagi mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian dan mereka siap mengamankan pelantikan itu secara maksimal.

Mengenai aparat keamanan itu, menurut dia, jumlahnya ratusan termasuk tambahan dari Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumsel.

Pengamanan secara maksimal itu karena ada tujuh bupati yang dilantik secara serentak sehingga undangan akan banyak  maka memerlukan pengamanan secara ketat, kata dia.

Selain itu pengamanan tersebut supaya pelantikan kepala daerah itu berjaan lancar dan tidak mengalami hambatan yang berarti, ujar dia.

Pihaknya terus melaksanakan rapat koordinasi persiapan pelantikan bupati dan wakil bupati hasil pemilihan kepala daerah 9 Desember lalu.

Sementara mengenai undangan sendiri, menurut dia, akan dibatasi atau disesuaikan degan kapasitas gedung bekas GOR Kampus tersebut.

"Bagi masyarakat tidak membawa undangan pihaknya tidak memperkenankan masuk karena jumlah dan kapasitas gedung terbatas," katanya.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumsel Leni Milana mengatakan, phaknya akan membantui aparat kepolisian dalam mempelancar pelantikan tersebut.

  Nantinya Satuan Polisi Pamong Praja tersesebut akan ditempatkan di luar gedung termasuk dalam ruangan supaya tamu yang datang menjadi tertib sehingga pelantikan tidak mengalami hambatan, kata dia.

Bukan itu saja tetapi pihaknya juga menyiagakan anggota yang ada di kantor bila dibutuhkan dan mereka siap dalam pengamanan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih itu.

Sebelumnya juga digelar antisipasi teroris di halaman gedung DPRD Provinsi Sumsel untuk mengantisipasi ancaman hal yang tidak diinginkan.