Anak muda lebih senang belanja "online"

id remaja, anak muda, belanja online, online, telepon seluler

Anak muda lebih senang belanja "online"

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Praktisi Perbankan dari Standard Chartered Bank Shee Tse Koon mengatakan berbelanja melalui layanan dalam jaringan atau "online" didominasi anak muda.

"Indonesia mengalami pertumbuhan bisnis digital yang sangat pesat. Hal itu ditambah dengan maraknya penggunaan ponsel pintar, sehingga anak muda saat ini lebih senang berbelanja melalui 'online'," ujar Koon di Jakarta, Rabu.

Koon mengatakan kemudahan dan kecepatan transaksi menjadikan belanja "online" menjadi pilihan anak muda.

Dia menjelaskan hasil riset menunjukkan bahwa saat ini nasabah di Indonesia menghabiskan sekitar Rp5,5 juta per tahun dalam melakukan transaksi via "online", yang mana 48 persen di antaranya adalah berusia 30-40 tahun dengan pendapatan lebih dari Rp10 juta per bulan.

"Riset itu menunjukkan adanya peningkatan pesat dalam transaksi belanja yang dilakukan secara 'online' dengan menggunakan kartu kredit," terang dia.

Pihaknya juga menggandeng situs jual beli terkemuka yakni Blibli.com dalam memberikan pengalaman perbankan yang menyenangkan dan kegiatan bertransaksi yang lebih mudah, lebih inovatif, serta lebih intuitif bagi para nasabah.

Sementara itu, Dirut Blibli.com Kusumo Martanto menambahkan sektor perbankan ini merupakan salah satu pilar penting untuk menciptakan transaksi jual-beli di bisnis "online", karena perbankan sebagai penyedia solusi pembayaran.

"Peran perbankan sangat penting dalam bisnis digital. Bisnis tidak akan berkembang kalau konsumen disulitkan dari sisi pembayaran," tukas Kusumo.

Berbagai program menarik ditawarkan Standard Chartered Bank dan Blibli.com yakni diskon istimewa setiap hari selama setahun untuk semua produk. Kemudian diskon lima persen untuk transaksi dengan menggunakan kartu kredit Standard Chartered lainnya dengan nilai maksimum diskon sebesar Rp 300.000.