Menag: daerah harus pangkas program tak efisien

id menteri agama, kemenag, menag, pangkas program yang tidak penting
Menag: daerah harus pangkas program tak efisien
Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
...Program yang perlu dipangkas tersebut antara lain perjalanan dinas dan bila kurang penting maka tidak dilaksanakan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin minta kepada Kementerian Agama di daerah harus memangkas program yang kurang efisien atau yang tidak menyentuh kebutuhan masyarakat supaya anggaran dapat digunakan dengan maksimal.

Selama ini masih banyak program yang kurang efisien sehingga itu harus ditiadakan, kata menteri usai membuka rapat kerja Wilayah Kementerian Agama Sumsel di Palembang, Jumat.

Dia mencontohkan program yang perlu dipangkas tersebut antara lain perjalanan dinas dan bila kurang penting maka tidak dilaksanakan.

Selain itu juga seminar dan berbagai kegiatan lainnya yang kurang menyentuh dalam pembinaan masyarakat dalam bidang agama harus ditiadakan, ujar dia.

Namun, lanjut menteri, kebutuhan akan program masih disesuaikan dengan kebutuhan daerah bukan secara umum, kemungkinan seminar masih sangat dibutuhkan di berbagai daerah. Jadi program kerja harus juga disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing supaya lebih efisien, kata menteri.

Menurut dia, penghematan anggaran tersebut karena kebutuhan pembinaan agama kepada masyarakat masih sangat dibutuhkan sekarang ini sehingga itu harus menjadi skala prioritas.

Sehubungan itu melalui rapat kerja wilayah ini diharapkan dapat merumuskan program kerja yang lebih efisien terutama dalam penggunaan anggaran.

Selain itu rapat kerja untuk mengevaluasi program kerja sebelumnya apakah sudah tepat sasaran, ujar dia.

Apalagi Kementerian Agama mempunyai fungsi dan tugas untuk membentuk moral masyarakat sehingga program itu harus lebih diutamakan, tamba dia.

Editor: Yudi Abdullah

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga