Menag minta masyarakat laksanakan shalat gerhana matahari

id Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin, shalat, shalat gerhana, gerhana matahari, gerhana matahari total, gmt palembang

Menag minta masyarakat laksanakan shalat gerhana matahari

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Evan Ervani)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin minta kepada seluruh lapisan masyarakat terutama yang beragama Islam untuk melaksanakan shalat Gerhana Matahari Total pada 9 Maret mendatang karena itu sangat dianjurkan.

Dalam menyambut fenomena alam tersebut harus diiringi doa dengan melakukan shalat gerhana, kata menteri kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dengan adanya shalat Gerhana Matahari Total diharapkan kejadian alam yang terjadi puluhan tahun itu berjalan lancar.

Sehubungan itu mari bersama-sama melaksanakan shalat gerhana pada saat terjadinya fenomena alam nanti, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, di Palembang sendiri berdasarkan laporan akan melaksanakan shalat gerhana di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Selain itu juga di masjid dan tempat ibadah bagi umat Islam lainnya yang ada di daerah ini, ujar dia.

Ini menunjukan bahwa masyarakat di Palembang telah siap menyambut kedatangan gerhana matahari total tersebut, ujar dia.

Asisten Kesra Setda Provinsi Sumsel Ahmad Najib sebelumnya mengatakan, shalat gerhana matahari total di Palembang akan dilaksanakan di berbagai masjid besar yang ada di kota ini.

Shalat gerhana tersebut sangat diutamakan bagi umat Islam sehingga harus dilaksanakan, kata dia.

Dalam menyambut kedatangan Gerhana Matahari Total nanti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel telah menyiapkan tempat untuk melihat kejadian alam tersebut.

Lokasi yang diutamakan di kota Palembang yakni diatas jembatan Ampera Palembang.