Rabu, 20 September 2017

Menag: Lansia dapat dipantau langsung dalam haji

id Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, jamaah haji, ibadah haji, haji lansia
Menag: Lansia dapat dipantau langsung dalam haji
Jamaah calon haji embarkasi Palembang (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin mengatakan, calon jemaah haji lanjut usia yang akan menunaikan rukun Islam kelima pada 2016 dapat dimonitor langsung karena mereka menggunakan gelang yang memiliki alat pantau posisi personal.

"Nantinya semua Lansia yang akan menunaikan ibadah haji menggunakan gelang dengan sistem Global Positioning System (GPS) yang dapat memantau keberadaan mereka," kata Menteri Lukman Hakim Saefudin di Palembang, Jumat.

Hal itu mulai diberlakukan pada musim haji tahun 2016 karena selama ini keberadaan calon jemaah haji Lansia terkadang sulit dipantau, ujar dia.

Menurut dia, apalagi calon jemaah haji yang sudah tua itu harus selalu dipantau keberadaannya karena Lansia tersebut sewaktu-waktu atau selalu membutuhkan pertolongan dalam menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

Selain itu calon jemaah Lansia masih cukup banyak untuk menunaikan ibadah haji sehingga petugas harus selalu mendampingi orang tua dalam beribadah, ujar dia.

Yang jelas, lanjut dia, pihaknya terus berupaya meningakatkan pelayanan kepada calon jemaah haji tahun ini baik segi akomodasi termasuk bimbingan kepada Lansia.

Ketika ditanya mengenai penambahan jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini, dia mengatakan, pihaknya akan berupaya supaya pemberangkatan calon haji selalu meningkat.

Pihaknya dalam waktu dekat ini akan ke Saudi Arabia untuk membicarakan dan memperjuangkan rencana ada tambahan jumlah calon haji, kata dia.

Dulu direncanakan ada tambahan sekitar 10 ribu jemaah calon haji dari Indonesia dan itu akan dibericakana lagi, ujar dia.

Jadi jika ada tambahan maka pemberangkatan calon jemaah haji Sumsel juga akan bertambah yang selama ini rata-rata 5.040 orang, ujar menteri.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga