Bupati: Satpol PP jangan arogan

id bupati oku, kuryana aziz, pol pp,satpol pp, bupati oku

Bupati: Satpol PP jangan arogan

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Kuryana Aziz (tengah) bersama unsur muspida setempat (Antarasumsel.com/Edo Purmana)

....Saat ini kita memang sedang berusaha mengubah pandangan agar Pol PP tidak terlihat garang lagi di lapangan....
Baturaja (ANTARA sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kuryana Aziz meminta personel satuan Polisi Pamong Praja setempat dalam menjalankan tugas jangan arogan atau semena-mena dan harus mengedepankan penegakan hukum secara humanis, berdedikasi, dispilin, dan tegas.

"Peran Satpol PP dan Linmas saat ini semakin strategis dengan dimasukannya urusan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan wajib dan berkaitan dengan pelayanan dasar," kata Bupati Kuryana pada HUT ke-66 serta HUT ke-54 Linmas di Baturaja, Selasa.

Oleh karenanya lanjut dia, keberadaan peranan Satpol PP dan Linmas harus dituntut lebih profesional dan mampu menjalani tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Dengan demikian, peranan Satpol PP dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat benar dirasakan keberadaannya.

"Keberadaan Satpol PP dan Linmas merupakan salah satu sumber daya aparatur yang sangat penting dalam pemerintahan daerah," katanya.

Oleh karenanya, untuk dapat memenuhi harapan masyarakat, maka perlu adanya pola sikap dan tindakan yang harus dimiliki oleh personel Pamong Praja.

Menindaklanjuti pesan yang disampaikan Mendagri, Kuryana pun mengharapkan agar keberadaan Satpol PP dan Linmas ke depan juga mengedepankan sentuhan yang lebih manusiawi dalam melaksanakan tugas penegakan Perda dan ketertiban dengan menggunakan '3S' yakni Senyum, Sapa, dan Salam.

"Satpol PP dan Linmas diharapkan lebih mengedepankan sisi preventif melalui mekanisme persuasif, pencegahan, penyuluhan dan mengedepankan model penyelesaian di hulu daripada di hilir, sehingga wajah Satpol PP tidak lagi nampak garang," katanya.

Sementara Kasat Pol PP Ogan Komering Ulu Agus Salim mengatakan pihaknya akan mengedepankan '3S' dalam menegakkan perda.

"Saat ini kita memang sedang berusaha mengubah pandangan agar Pol PP tidak terlihat garang lagi di lapangan," katanya menegaskan.

Sementara HUT Satpol PP dan Linmas di Ogan Komering Ulu tahun ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Johan Anuar, Sekretaris Daerah H Marwan Sobrie, para Kepala SKPD, para Camat dan Lurah, serta jajaran Pimpinan FKPD OKU, Wakapolres Kompol Heri Wibowo, Dandim 0403 Letkol Inf Feksi Dimundri Anggi, Ketua PN, Kepala Kejaksaan Negeri, serta unsur pimpinan DPRD berserta undangan lainnya. (Adv)