Bupati Ogan Komering Ulu panen raya jagung

id panen raya, jagung, bupati oku, kuryana aziz

Bupati Ogan Komering Ulu panen raya jagung

Ilustrasi - Panen jagung (ANTARA FOTO)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan,  Kuryana Aziz di dampingi para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah setempat melakukan panen raya komoditas jagung di Desa Bay Heling, Kamis.

Panen raya jagung hibrida kualitas unggul ini juga diikuti oleh camat, para kepala desa, serta tokoh masyarakat di Kecamatan Lengkit termasuk warga desa dan para petani sekitarnya.

Panen raya jagung perdana di awal Maret ini merupakan hasil jerih payah para petani jagung di Desa Way Heling yang menanami lahan seluas 300 hektare di kawasan OMIBA milik TNI AD dibawah binaan  Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Ogan Komering Ulu.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Ogan Komering Ulu Syarif Hasan didampingi Kabag Humas pemkab setempat Riduan mengatakan panen raya jagung tersebut merupakan hasil penanaman bibit jagung bantuan pemkab dalam program bantuan pusat menggunakan  APBN 2015 seluas 2.000 hektare tersebar di dua kecamatan yakni Sosoh Buay Rayab dan Lengkiti.

"Panen raya jagung khusus di Desa Way Heling Lengkiti merupakan bantuan yang dikucurkan seluas 300 hektare. Bantuan yang diberikan itu berupa bibit jagung, pupuk dan bentuk lainya," kata Syarif.

Ia mengatakan di dua kecamatan tersebut saat ini terdapat sekitar 2.974 hektare lahan pertanian jagung, hanya saja pada 2015 pemerintah daerah melalui anggaran bantuan pusat baru melaksanakan penananam bibit jagung untuk 2.000 hektare.

Selain itu, di kawasan OMIBA yang langsung ditanami sendiri oleh masyarakat dengan hasil swadaya yakni tercatat seluas 974 hektare, sehingga total produksi jagung di kabupaten itu saat ini sekitar 16.029 ton.

Menurut Syarif, pada tahun ini pihaknya juga akan memberikan bantuan kembali kepada petani jagung masih menggunakan anggaran pusat untuk wilayah kecamatan yang sama.

Hanya saja pihaknya belum dapat menentukan besaran anggaran bantuan pusat yang akan diberikan tersebut, namun jenis jagung yang ditanam petani merupakan jenis hibrida kualitas unggul berisikan 8 tongkol tiap satu batang," ungkapnya.

Sementara, Bupati Kuryana Aziz mengatakan, selain tanaman jagung yang berhasil ditanam oleh para petani di Desa Way Heling juga mengharapkan agar melaksanakan diversifikasi jenis tanaman pangan lainnya.

"Meski wilayah kita bukan daerah agraris, namun kita harus optimistis, sebab masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai lahan penunjang diservifikasi tanaman pangan. Buktinya, selain pengembangan jagung ini, kita juga sudah mencetak lahan persawahan padi dalam jumlah ratusan hektare di Kecamatan Peninjauan," kata Kuryana.

Pada kesempatan itu, Kuryana berterima kasih atas dukungan tinggi dari pihak lainnya seperti TNI, sehingga penanaman bibit jagung di Desa Way Heling cukup aik dengan hasil yang melimpah. (Adv)