Bendungan akan dijadikan taman wisata air

id bendungan, wisata air, taman wisata air, desa karya jaya, ogan komering ulu

Bendungan akan dijadikan taman wisata air

Ilustrasi - Seorang anak berdiri di pinggir Bendungan Katulampa, Jakarta. (ANTARA FOTO)

Baturaja, (ANTARA Sumsel) - Bendungan di Desa Karya Jaya Unit 13, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan dijadikan taman wisata air oleh pemerintahan desa setempat.

"Rencananya bendungan akan kami jadikan taman wisata air dan di sekelilingnya terdapat pasar kuliner untuk memanjakan pengunjung," kata Kepala Desa Karya Jaya Kecamatan Sinar Peninjauan, Ogan Komering Ulu (OKU) Sugiyanto di Baturaja, Senin.

Selain itu, kata dia, di lokasi bendungan seluas tiga hektare itu juga dijadikan pusat budidaya ikan, sedangkan airnya dimanfaatkan untuk mengaliri persawahan masyarakat setempat di bagian hilir.

"Sekarang baru ada satu pintu air, nanti kita tambah lagi agar saat debit air tinggi, areal bendungan tetap stabil," jelasnya.

Menurut dia, Desa Karya Jaya layak dijadikan daerah wisata karena memiliki potensi industri rumah tangga yang cukup beragam mulai dari pembuat tahu, tempe, keripik dan makanan ringan lain.

"Selain disediakan sarana pengunjung untuk mengelilingi bendungan dengan perahu karet, `banana boat` (perahu berbentuk mirip pisang) dan mainan air lainnya juga dilengkapi dengan industri rumah tangga sebagai kuliner," ujarnya.

Ia sudah mengajukan anggaran ke Kementerian Pariwisata RI untuk membangunan bendungan serta fasilitas lainnya pada 2016.

Sementara untuk membuat pintu airnya, lanjut dia, diajukan ke Dinas PU Cipta Karya OKU dan Dinas Pertanian setempat mengenai pengadaan bibit ikannya.

Selanjutnya, untuk akses perlintasan wisatawan akan dibangun jalan cor beton oleh Dinas PU Bina Marga setempat sepanjang satu kilometer mulai dari jalan poros menuju bendungan.

"Kami juga akan menggunakan dana desa bantuan dari pemerintah pusat untuk dibagi semua sektor seperti membuat siring dan yang lainnya," katanya.

Ia berharap pelaksanaannya nanti mendapat bantuan dari pemerintah daerah setempat khususnya pihak terkait untuk menyukseskan rencana pembangunan bendungan tersebut.

"Tidak mustahil akan terwujud sesuai rencana jika pihak terkait seperti, PU Cipta Karya yang membuat irigasinya, PU Bina Marga membangun jalannya, Dinas Perikanan membantu bibit ikan, sedangkan Dinas Pariwisata memperjuangkan usulan ke pusat," jelasnya.

Dengan begitu, lanjut dia, potensi yang selama ini tidur akan berdaya guna untuk masyarakat Desa Karya Jaya yang akan menumbuh kembangkan perekonomian warga serta akan menambah pendapatan desa.