Legislator prihatin kondisi keterbatasan RSUD Baturaja

id dprd oku, rsud baturaja, rumah sakit, dokter

Legislator prihatin kondisi keterbatasan RSUD Baturaja

Gedung DPRD Ogan Komering Ulu (OKU) (Foto:antarasumsel.com/15/Edo Permana)

Baturaja, 4/4 (Antara) - Anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu, Zaplin Ipani mengaku prihatin dengan kondisi keterbatasan dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah dr Ibnu Soetowo Baturaja, sehingga salah seorang pasien yang akan dioperasi terpaksa harus ditunda.

Salah seorang pasien bernama Edi Yanto (34) menderita luka di kaki dan harus dioperasi, karena pisau mesin potong rumput patah dan menancap di kakinya pada Minggu (3/4), namun karena keterbatasan dokter spesialis terpaksa operasi ditunda, kata Zaplin menanggapi kondisi di RSUD dr Ibnu Soetowo itu di Baturaja, Senin.

"Saya sebagai wakil rakyat sangat prihatin dengan kondisi RSUD Baturaja, terutama terkait layanan dan minimnya dokter spesialis," kata Politisi Partai Golkar OKU ini.

Menurut Zaplin, korban Edi tersebut menderita luka di kaki akibat terkena mesin pemotong rumput dan harus dioperasi karena mata pisau masih menancap di kakinya.

Namun operasi tidak bisa dilakukan karena dokter spesialis sedang tidak ada di tempat, alasanya ke Palembang terkait dengan hari libur.

Menurut Zaplin, dirinya juga pernah mengalami hal serupa di mana pada saat itu sedang sakit dan harus menjalani operasi, namun karena kebetulan hari Sabtu maka operasi tidak bisa dilakukan karena dokter yang akan menangani operasi sedang libur.

Rumah sakit ini merupakan fasilitas untuk orang banyak dan menyangkut nyawa orang, ke depan pihak pemerintah harus memprogramkan anggaran untuk menyekolahkan dokter menjadi dokter spesialis.

"Kami kalangan DPRD akan mendukung hal ini. Sekolah dokter spesialis itu ke depan harus kita biayai, namun dengan catatan dokter tersebut harus asli masyarakat OKU," ujar Zaplin.

Ia berharap, dengan program pemerintah menyekolahkan gratis dokter-dokter ini, pelayanan RSUD setempat terhadap masyarakat bisa jauh lebih baik lagi.