Puskesmas gelar pengobatan gratis pedagang di pasar

id puskesmas, pengobatan gratis, pengobatan,

Puskesmas gelar pengobatan gratis pedagang di pasar

Layanan kesehatan masyarakat (Pusakesmas) (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/den)

Baturaja, (ANTARA Sumsel) - Puskesmas Kemalaraja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar pengobatan gratis untuk para pedagang di sejumlah pasar tradisional Baturaja guna meningkatkan pelayanan kesehatan.

"Secara rutin setiap satu bulan sekali kami menggelar pengobatan gratis berbagai penyakit untuk pedagang di pasar," kata Kepala Puskesmas Kemalaraja Edi Arman di Baturaja, Selasa.

Menurut dia, pengobatan gratis dilakukan agar pedagang terhindar dari penyakit yang mudah tertular maupun tidak menular.

"Belum lama ini kami menggelar pengobatan terhadap pedagang Pasar Baru dan Pasar Atas. Kegiatan ini dilakukan setiap satu bulan sekali, namun kalau memang pihak pasar nanti menyiapkan tempat kita akan buka setiap hari," katanya.

Ia mengemukakan Puskesmas Kemalaraja selalu melakukan kegiatan yang bisa diserap oleh masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh, mulai dari lingkungan hingga kesehatan diri sendiri.

"Dinas Kesehatan juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan," jelasnya.

Ia menjelaskan salah satu materi sosialisasi yang diberikan pada masyarakat yaitu mengenai bahaya penularan penyakit TBC dan memberikan imbauan agar warga pengidap virus tersebut segera berobat ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

"Penyakit TBC bisa disembuhkan bila penderitanya mau berobat. Selain itu jenis penyakit ini mudah sekali menular melalui pernapasan atau juga makan yang sudah di makan oleh si penderitanya," ungkapnya.