Gubernur Jabar apresiasi pewarta foto Indonesia

id foto, pewarta foto, pewarta, pewarta foto indonesia, pameran foto, gubernur jawa barat, aher

Gubernur Jabar apresiasi pewarta foto Indonesia

Ilustrasi - Pameran Foto Antara (ANTARA FOTO)

Bandung (ANTARA Sumsel) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengapresiasi hasil karya para jurnalis foto yang dipamerkan oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) 2016 di Gedung De Vries, Kota Bandung, karena foto yang dipamerkan memiliki keindahan dan makna yang terkandung di dalamnya.

"Selamat atas diadakannya pameran foto ini, tentu foto-foto ini punya makna yang sangat kuat, teman-teman jurnalis ternyata sangat luar biasa keindahannya dan makna dibaliknya," kata Aher usai meninjau Pameran Pewarta Foto Indonesia yang merupakan rangkaian acara Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2016, di Gedung De Vries Kota Bandung, Minggu.

Menurut dia, tidak mudah mendapatkan foto yang memiliki nilai berita, karya seni dan naturalitas, perlu keahlian khusus dari para jurnalisnya. "Ini foto bukan sembarangan dan bukan dibuat-buat tapi kejadian yang natural, pas sekali momentumnya, di Jawa Barat juga banyak kejadian-kejadian seperti ini," ujarnya.

Pihaknya berharap, pameran foto seperti ini agar terus diselenggarakan di berbagai daerah. "Jangan terus-terusan di Jakarta, tahun depan mau di Bandung lagi juga tidak apa-apa yang jelas saya sangat apresiasi kepada semua pewarta foto," katanya.

Pameran Pewarta Foto 2016 merupakan pameran foto jurnalistik tahunan yang digagas oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) sebagai parameter profesi insan pers foto di Indonesia. Kali ini Kota Kembang Bandung dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang bergengsi tingkat nasional ini.

Sebanyak 3500 foto peristiwa di sepanjang 2015 dikumpulkan dari 400 peserta dari seluruh Indonesia dan sebelumnya Pameran Pewarta Foto ini dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara di Gedung Merdeka Bandung.

Pameran yang berlangsung hingga 17 April mendatang ini menampilkan 24 foto tunggal dan tiga foto esai yang dinilai mewakili peristiwa penting di Indonesia sepanjang 2015 dan merupakan karya foto nominator serta pemenang Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2016.

Selain penganugerahan, serangkaian acara juga digelar dalam ajang ini antara lain diskusi pemenang APFI pada Minggu (10/4) dan sejumlah diskusi fotografi jurnalistik lainnya.