Diknas alihkan kegiatan ke program sekolah gratis

id dinas pendidikan oku, sekolah gratis, program sekolah gratis, siswa, siswi, sekolah dasar

Diknas alihkan kegiatan ke program sekolah gratis

Ilustrasi - Sejumlah Siswa Sekolah Dasar berinteraksi dengan teman sembari menanti giliran masuk kelas di halaman SD Negeri 139 Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/den)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun anggaran 2017 mengurangi kegiatan dan dialihkan ke Program Sekolah Gratis bagi siswa tingkat SD dan SMP di wilayah itu.

"Program kegiatan kami tahun depan akan dikurangi untuk menutupi dana Program Sekolah Gratis (PSG)," kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Ogan Komering Ulu (OKU), Mahyudin Helmi di Baturaja, Sabtu.

Ia mengatakan, pengurangan tersebut dilakukan mengingat Pemerintah Provinsi Sumsel tidak lagi menganggarkan dana PSG sebesar Rp3 miliar tersebut.

"Mulai 2017 Pemprov Sumsel menghentikan dana PSG untuk seluruh kabupaten/kota termasuk di Pemkab OKU," katanya.

Ia mengemukakan, Pemkab OKU akan melaksanakan PSG bagi pelajar tingkat SD dan SMP di wilayah itu menggunakan dana APBD pada 2017.

"Dana yang harus disiapkan Pemkab OKU untuk PSG nantinya sebesar Rp3 miliar. Dengan begitu beberapa kegiatan tahun depan terpaksa dikurangi guna menutupi program tersebut," jelasnya.

Namun, kata dia, untuk menentukan kegiatan apa saja yang akan dikurangi atau ditunda pelaksanaannya, itu masih harus dikordinasikan dengan Bappeda setempat.

"Yang penting sekolah bagi siswa kurang mampu harus tetap jalan meski tidak ada bantuan dana dari provinsi lagi," ujarnya.