Luhut: "crisis center" keamanan negara akan segera dibentuk

id menkopolhukam, luhut binsar panjaitan, crisis center, keamanan negara

Luhut: "crisis center" keamanan negara akan segera dibentuk

Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan pers kepada wartawan di Palembang. (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

...."crisis center" adalah organisasi kerangka yang segera bisa hidup jika ada keadaan yang dianggap kritis untuk proses pengambilan keputusan....
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengatakan "crisis center" akan segera dibentuk guna menangani masalah-masalah yang mengganggu keamanan negara baik di dalam negeri maupun di luar negeri seperti penyanderaan, bencana alam dan lainnya.

Pada Senin di Kementerian Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, dia mengatakan "crisis center" adalah organisasi kerangka yang segera bisa hidup jika ada keadaan yang dianggap kritis untuk proses pengambilan keputusan.

"Pengambilan keputusan ada di bawah presiden langsung, badan ini anggotanya dibagi dua yaitu anggota tetap dan tidak tetap. Anggota tetap akan diisi oleh Menkopolhukam, Menhan, Panglima TNI, Kapolri, dan level menteri lain. Sementara anggota tidak tetap akan diisi oleh kementerian terkait isu yang sedang dibahas," kata dia.

Dia mengatakan badan ini akan diketuai oleh Presiden dan pelaksana hariannya berada ditangan Kemenkopolhukam.

Menurut dia, "crisis center" ini bukanlah hal yang baru, sudah ada sejak lama.

"Idenya sudah ada dari dulu, dari jaman saya masih aktif di militer, tetapi tertunda dan akhirnya tidak jadi. Saya sudah lapor ke Presiden dua minggu yang lalu dan dia minta untuk dibentuk," kata Luhut.