Taman Wisata Bukit Siguntang direnovasi bertahap

id bukit siguntang, taman wisata, renovasi bukit siguntang, dinas pariwisata sumsel, irene camalyn

Taman Wisata Bukit Siguntang direnovasi bertahap

Kawasan bukit siguntang Palembang (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Taman Wisata Bukit Siguntang Palembang akan direnovasi secara bertahap selama dua tahun untuk menjadikan destinasi wisata unggulan Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camalyn di Palembang, Selasa, mengatakan selama proses renovasi berlangsung maka taman wisata ini akan ditutup sebagian.

"Masih bisa dikunjungi, tapi ada sebagian kawasan yang ditutup," kata dia.

Untuk menjaga situs arkeolog ini tidak rusak selama proses renovasi, Irene mengatakan telah berkoordinasi dengan budayawan setempat.

"Malahan sudah berkomunikasi dengan kalangan budayawan untuk menemukan konsep ideal yang akan diusung, seperti diketahui Bukit Siguntang ini erat dengan kisah Parameswara yang dikenal sebagai pendiri Kerajaan Malaka," kata dia.

Ia mengemukakan, perenovasian ini membutuhkan dana Rp8,5 miliar yang berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Nantinya akan berdiri sebuah panggung teater dan fasilitas pendukung lainnya.

"Harapannya setelah perenovasian akan banyak wisatawan asing yang datang, terutama dari Malaysia dan Singapura sebagai negara yang masih memiliki hubungan erat kisah yang ada di Sumatera Selatan," kata dia.

Sumsel menggenjot sektor pariwisata untuk memanfaatkan peluang sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.