Palembang realisasikan program bedah rumah

id bedah rumah, rumah

Palembang realisasikan program bedah rumah

Ilustrasi - Program bedah rumah (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARASumsel) - Pemerintah Palembang merealisasikan program bedah rumah bagi keluarga miskin yang merupakan hasil kerja sama dengan asosiasi pengembang Real Estate Indonesia.

Wali Kota Palembang Harjoyo, Kamis, memberikan bantuan secara simbolis ke Hajiman (41), warga RT 17 Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning.

Rumah yang sebelumya tidak layak huni dengan dinding papan yang sudah lapuk dan atap yang bocor telah diperbaiki menjadi rumah layak huni setara dengan type 36.

Rumah Hajiman ini dipilih karena direkomendasikan warga setempat ke pemkot karena yang bersangkutan sangat miskin dan penyandang disabilitas.

"Beberapa bulan yang lalu, saya berkantor di Kelurahan Pipa Reja dan berdiskusi dengan warga, ada salah satu usulan warga untuk memberi bantuan perbaikan rumah dan setelah kita cek ternyata sangat memprihatinkan," kata dia.

Hajiman mengatakan sangat bersyukur atas bantuan pemerintah ini.

"Saya tidak menyangka akhirnya rumah saya bisa layak huni. Selama ini rumah kami sering bocor dan banjir," kata pria penyandang tunanetra yang sehari-hari bekerja sebagai pengamen ini.

Program bedah rumah ini memberikan bantuan sebesar Rp10 juta per unit dengan rincian Rp9 juta untuk pembelian bahan-bahan bangunan, dan Rp1 juta untuk pembayaran tenaga kerja.

Adapun syarat untuk bedah rumah ini, antara lain, rumah tangga miskin dengan penghasilan di bawah Rp2 juta dan bekerja di sektor informal.