Sabtu, 23 September 2017

Masyarakat Musirawas kembangkan kerajinan berbahan lokal

id kerajinan, kabupaten musirawas, ketua dekranasda sumsel, eliza alex
Masyarakat Musirawas kembangkan kerajinan berbahan lokal
Ilustrasi - Kerajinan dari bambu (FOTO ANTARA)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Masyarakat Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan harus mengembangkan kerajinan berbahan lokal, karena potensi daerah ini cukup besar.

Pengembangan kerajinan berbahan lokal cukup penting mengingat potensi daerah ini cukup besar, kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumsel, Hj Eliza Alex saat melantik Pengurus Dekranasda dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan serta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Musirawas, Rabu.

Menurut Eliza, sekarang ini akan menghadapi pasar bebas, tentunya potensi lokal perlu dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan rakyat.

Jadi khususnya para pengusaha lokal melalui pengembangan kerajinan yang berbasis potensi setempat dapat memperkuat identitas daerah dan memiliki nilai ekonomi.

Selain itu juga nantinya dapat berperan dalam mempersiapkan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ujar dia.

Yang jelas dengan adanya pemberdayaan potensi lokal maka perekonomian masyarakat akan semakin bergairah, kata dia.

Dia mengatakan, selain itu industri kecil akan tumbuh sekaligus membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.

Begitu juga dengan adanya forum peningkatan konsumsi ikan, sehingga masyarakat semakin peduli dan bekerja dalam rangka mewujudkan warga Indonesia yang kuat, sehat, cerdas dan berkualitas.

Hal ini karena sumber daya manusia dengan gemar makan ikan, minum susu dan makan telur, maka generasi mendatang akan cerdas fisik dan mental, ujar dia.

Dengan asupan gizi yang optimal, maka anak-anak memiliki kehidupan lebih lama, sehat, produktif dan risiko rendah terhadap penyakit degenerative, katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga