Pindang kuah "Besemah" kuliner khas Sumsel

id pindang, pindang kuah besemah, kuliner khas, ikan, masakan

Pindang kuah "Besemah" kuliner khas Sumsel

Pindah kuah "Besemah" kuliner khas Sumsel (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/16)

....Selain memanjakan lidah, kuliner satu ini berkhasiat bagi kesehatan, karena terbuat dari campuran bumbu masak seperti kunyit dan rempah-rempah yang mampu mengobati asam lambung....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Menu pindang kuah kuning "Besemah" salah satu kuliner khas Sumatera Selatan yang sampai sekarang banyak digemari warga setempat, termasuk pendatang dari luar kota.

Beragamnya hasil tangkapan ikan air tawar di perairan Sungai Musi membuat olahan ikan sebagai kuliner khas kian beragam termasuk masakan pindang "Besemah", kata Husni Thamrin, pembuat pindang kuah kuning di Palembang, Rabu.

Menurut dia, beragam kuliner khas tersaji di sejumlah restoran dan rumah makan di Sumatera Selatan, mulai dari pempek hingga pindang ikan yang menjadi khas di Bumi Sriwijaya ini salah satunya pindang kuah kuning Besemah khas Kota Pagaralam.

Selain memanjakan lidah, kuliner satu ini berkhasiat bagi kesehatan, karena terbuat dari campuran bumbu masak seperti kunyit dan rempah-rempah yang mampu mengobati asam lambung.

Ikan sungai seperti jenis baung, patin, gabus ataupun toman diolah masyarakat setempat dengan campuran bumbu berasal dari cabai, lengkuas, kunyit, tempoyak dan rempah-rempah menjadikan suatu sajian tak hanya memanjakan lidah, namun juga menyehatkan bagi yang mengkonsumsinya.

Menurut Husni, yang diandalkan adalah menu masakan khas Besemah Pagar Alam di sini kuah pindang kuning dan pindang bari menjadi ciri khasnya adalah kuah kuning dari bumbu kunyit dan rempah-rempah dan lainnya.

Ia mengaku, tidak terlalu sulit membuat pindang ini yakni bumbu-bumbu yang telah disiapkan dipotong dan dihaluskan dengan cara ditumbuk, selanjutnya dimasukkan ke dalam kuali dan direbus bersama bumbu lainnya selama 30 menit sampai menguning sempurna dan meresap ke dalam ikan.

Keistimewaan lain, kata dia, pindang ini adalah campuran bumbu yang mengandalkan kunyit dan rempah-rempah sebagai bumbu dasar, tak seperti pindang umumnya dimana kuah kuning diyakini masyarakat setempat sebagai ramuan jamu berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Menurut Rina Hadi, salah satu konsumen bahwa bumbunya sangat meresap dan enak terutama ikannya yang segar-segar dan menunjukan inilah kuliner khas Sumatera Selatan.

"Kita makan selain merasakan nikmatnya, juga melihat khasiatnya dan saya yakin ramuan-ramuan ini banyak mengandung kesehatan juga," kata Abdullah Idi, konsumen lainnya menambahkan.

Ia menyarankan, bagi masyarakat yang berkesempatan ke Kota Palembang cobalah singgah dan mencicipi satu-satunya rumah makan menjual pindang kuah kuning ini, selain harganya cukup terjangkau tak ada salahnya berwisata kuliner khas memanjakan lidah dan lebih penting lagi menyehatkan tubuh.