Dinas Peternakan Muaraenim adakan pelatihan membuat bakso

id dinas peternakan muaraenim, kabupaten muaraenim, bakso, pelatihan membuat bakso

Dinas Peternakan Muaraenim adakan pelatihan membuat bakso

Ilustrasi - Pekerja membuat bakso sapi di Kampung Bantargedang, Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (10/8). (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Muaraenim (ANTARA Sumsel) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan, menggelar pelatihan membuat bakso serta abon ikan untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian anggota Tim Penggerak Pembina Kesejateraan Keluarga Kecamatan Semendo Darat Ulu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian usaha masyarakat melalui keterampilan dan pelatihan, kata staf Dinas Peternakan dan Perikanan Muaraenim, Jumalana, Rabu.

Ia mengemukakan, pelatihan seperti ini menjadi program unggulan dari dinas dalam rangka mengembangkan potensi usaha kecil masyarakat dan salah satunya di Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU).

"Program ini sangat cocok di wilayah SDU ini, dimana wilayah Semendo sangat strategis untuk daerah perikanan," katanya.

Selanjutnya, agar pemasarannya meningkat, maka Dinas Peternakan dan Perikanan memberikan inovasi pengolahan makanan dari ikan, sebagai usaha mandiri warga.

Suli, salah satu peserta mengakui bahwa pelatihan ini membuat dirinya memiliki keterampilan dalam menciptakan usaha kuliner mandiri.

"Kita sangat menyambut baik kegiatan pelatihan mengolah bahan baku ikan menjadi macam-macam makanan, seperti bakso, nagget, dan abon ini," katanya.

Ia menambahkan, mengenai bahan baku sangat melimpah dan.bisa diperoleh di daerah sekitar sehingga dengan keterampilan ini pengolahan ikan dapat dikembangkan lebih baik lagi dan bisa menjadi peluang usaha tambahan bagi ibu rumah tangga.

Camat Semende Darat Ulu (SDU) Tasman mengatakan bahwa pelatihan ini juga dalam rangka menggerakkan masyarakat gemar makan ikan maupun olahan serba ikan.

Menurut dia, sekarang ikan dapat diolah menjadi variasi abon, nagget dan bakso.

"Kita harapkan nantinya setelah kegiatan ini warga menggemari makan ikan, karena ikan bisa diolah menjadi berbagai variasi, seperti abon, nuget dan bakso," kata Tasman.