Pemkab Musi Banyuasin dorong warga ikut KB

id keluarga berencana, manfaat kb, sosialisasi kb, dorong warga ikut kb, pemkab musi banyuaisin, muba

Pemkab Musi Banyuasin dorong warga ikut KB

Ilustrasi - Mobil layanan KB (ANTARA FOTO)

...Untuk mendorong masyarakat mengikuti KB, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan kabupaten ini diminta lebih gencar melakukan sosialisasi manfaat ber-kb...
Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, terus berupaya mendorong masyarakat setempat mengikuti program keluarga berencana untuk mencegah lonjakan pertumbuhan jumlah penduduk.

Untuk mendorong masyarakat mengikuti program keluarga berencamna (KB), Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan kabupaten ini diminta lebih gencar melakukan sosialisasi manfaat ber-kb, kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Rabu.

Selain itu, pihaknya juga meminta badan tersebut menggalakkan program pelayanan Keluarga Berencana secara gratis hingga pelosok desa, katanya.

Menurut dia, berdasarkan evaluasi kegiatan sosialisasi dan pelayanan KB secara gratis yang gencar dilakukan dalam beberapa tahun terakhir dapat meningkatkan kesadaran masyarakat daerah ini mengikuti program pengendalian laju pertumbuhan penduduk itu.

Pelayanan KB secara gratis itu rutin digelar di kawasan permukiman penduduk hingga pelosok desa dengan harapan masyarakat dapat merencanakan kelahiran anak dalam kehidupan rumah tangga dengan baik.

Dengan perencanaan yang baik diharapkan laju pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan seminimal mungkin, masyarakat dapat membesarkan anaknya dengan penuh perhatian dan kasih sayang serta dapat membekalinya dengan pendidikan, katanya.

Dia menjelaskan, dalam setiap kegiatan pelayanan KB yang dilakukan di kawasan permukiman penduduk, mendapat tanggapan yang cukup baik dari masyarakat.

"Setiap dibuka pelayanan KB lebih dari 50 orang memanfaatkannya dengan mengikuti program KB suntik, KB implant, KB kondom, serta ada masyarakat yang memilih mengikuti program KB dengan mengonsumsi obat berupa pil," ujarnya.

Program KB akan terus digalakkan di kawasan permukiman penduduk seluruh wilayah kabupaten ini, sehingga dapat mencegah laju pertumbuhan penduduk secara cepat atau tidak seimbang dengan laju pembangunan daerah.

Melalui berbagai upaya yang dilakukan Pemkab Musi Banyuasin itu, diharapkan pertumbuhan penduduk bisa terkendali, dapat dicegah timbulnya berbagai permasalahan sosial, serta hasil pembangunan dapat dirasakan masyarakat secara maksimal, ujarnya.