Minggu, 28 Mei 2017

Pertamina mulai jual Dexlite di Sumbagsel

id pt pertamina, bbm, bahan bakar minyak, spbu, bbm diesel, dexlite
Pertamina mulai jual Dexlite di Sumbagsel
Ilustrasi - Petugas SPBU mengisikan BBM ke mobil pribadi di SPBU Coco Kenten Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pertamina (Persero) mulai memperluas jangkauan penjualan produk BBM diesel nonsubsidi yang terbaru, dexlite, di wilayah Sumatera bagian Selatan (Sumbagsel) mulai pertengahan Juni 2016.

Penjualan dexlite di wilayah Sumatera bagian Selatan itu ditandai dengan pengisian perdana pada kendaraan di SPBU Coco Palembang oleh Pjs GM Marketing Operation Region II, Misasnan Roni, Rabu.

Menurut dia, perluasan penjualan dexlite di Sumbagsel memiliki potensi yang sangat baik ke depan, mengingat hasil uji pasar yang telah dilakukan Pertamina sebelumnya di wilayah Jabodetabek menunjukkan respon masyarakat yang sangat positif.

Oleh karena itu, pihaknya memperluas penjualan produk dexlite untuk melihat minat pasar pengguna mesin diesel di wilayah Sumbagsel termasuk Kota Palembang, kata Misasnan yang didampingi area manager communication and relations Sumbagsel Makhasin.

Ia menyatakan, dexlite memiliki angka cetane 51 dengan kandungan sulfur maksimal 1.200 ppm atau lebih tinggi dibandingkan dengan solar yang memiliki cetane number 48 dan kandungan sulfur maksimal 3.500 ppm.

Sementara Pertamina dex yang dikenal sebagai produk bahan bakar diesel terbaik di Indonesia saat ini, memiliki angka cetane number 53 dengan kandungan sulfur maksimal 500 ppm.

Dexlite akan menyasar pasar segmen pengguna mesin diesel diantara solar dan pertamina dex.

Ia menyatakan, sebagai pilihan produk baru dexlite memang memiliki kualitas di atas solar, namun harga tetap terjangkau oleh konsumen dengan Rp6.800 per liter dan ramah terhadap lingkungan.

Pertamina akan menambah outlet dexlite di SPBU secara bertahap dimana untuk Sumatera Selatan baru ada enam SPBU saat ini yaitu lima di Palembang dan satu SPBU di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Selanjutnya di Jambi ada tujuh SPBU, Bengkulu dua SPBU dan Lampung dua SPBU, sedangkan Bangka Belitung akan segera menyusul bulan depan, jelasnya.

Hingga akhir tahun 2016 sebanyak 58 SPBU di Sumbagsel sudah menyediakan produk dexlite. Pertamina MOR II telah mempersiapkan infrastruktur terminal BBM, armada mobil tangki dan fasilitas lainnya untuk mendukung kelancaran uji pasar dan pemasaran dexlite di wilayah Sumbagsel, tuturnya.

Sementara Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pendataan Pemerintah Kota Palembang, H Masripin menyambut baik dan mendukung penjualan bahan bakar minyak tersebut.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga