Pemkot Palembang-Yayasan Budha bedah 17 rumah warga

id harnojoyo, bedah rumah, rumah

Pemkot Palembang-Yayasan Budha bedah 17 rumah warga

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang bekerja sama dengan Yayasan Budha Tzu Chi membedah 17 unit rumah keluarga tidak mampu di Kelurahan 13 Ilir.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Minggu, mengatakan saat ini perenovasian 17 unit rumah tidak layak itu sudah mencapai 80 persen.

"Rencananya serah terima akan dilakukan pada 4 Juli. Sejauh ini saya amati rumah ini akan sangat layak karena sudah menjadi tipe 36 dengan bahan material yang cukup baik," kata Harnojoyo seusai meninjau pembangunan rumah tersebut.

Ia mengemukakan program bedah rumah ini merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki kawasan kumuh.

Pemerintah juga menjalankan Program Peningkatan Kualitas Permukiman (P2KP) seperti penataan permukiman, bedah rumah, pendirian fasilitas umum, dan program rumah murah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah sebagai upaya pencegahan agar kawasan kumuh baru tidak muncul kembali.

"Pemerintah sangat membutuhkan peran serta masyarakat dalam mencapai tujuan tersebut mengingat berkaitan dengan penyediaan lahan, dan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan bersih serta peduli lingkungan," kata Harnojoyo.

Yuli (45) warga RT 07 Kelurahan 13 Ilir yang rumahnya terpilih masuk dalam program ini mengatakan sangat berterima kasih atas kedermawanan pemerintah dan lembaga Yayasan Budha.

"Pekerjaan sehari-hari hanya buruh, sangat sulit menyisihkan uang untuk memperbaiki rumah. Saya merasa beruntung sekali," kata dia.

Sementara ini, data terakhir di Palembang menunjukkan akses layanan air bersih baru mencapai 67 persen, terdapat sekitar 5.000 hektare kawasan kumuh, dan baru 59 persen berkehidupan sanitasi layak.