Rabu, 29 Maret 2017

Bawaslu Sumsel persiapan Pilkada 2017

id bawaslu sumsel, bawaslu, ketua bawaslu sumsel, andika pranata jaya, pilkada 2017, pemilu, kpu
Bawaslu Sumsel persiapan Pilkada 2017
Ilustrasi - Pemilu. (ANTARA FOTO/Yahanan Sulam/15)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Selatan melakukan persiapan pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan pada tahun 2017.

Dalam rangka persiapan dan penguatan kelembagaan penyelenggaraan pilkada pada 15 Februari tahun 2017 dilakukan bimbingan teknis terpadu, kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya di Palembang, Selasa.

Menurut dia, untuk pilkada di tujuh provinsi, 76 kabupaten dan 18 kota pada 15 Februari tahun 2017, KPU RI, Bawaslu RI dan DKPP RI mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) terpadu untuk penyelenggara pemilu tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Bimtek terpadu diselenggarakan dalam dua gelombang, untuk gelombang pertama dilaksanakan di Palembang pada 19-21 Juli 2016, katanya.

Ia mengatakan, peserta pada gelombang pertama terdiri atas penyelenggara Pemilu yang berasal dari 18 provinsi dan 70 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada tahun 2017.

Ia menyatakan, materi pada bimtek terpadu meliputi teknis penyelenggaraan pilkada, mekanisme dan prosedur pengawasan pilkada serta penegakan kode etik pada penyelenggaraan Pilkada tahun 2017.

Bimtek terpadu secara langsung dihadiri oleh Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro, Ketua Bawaslu RI Prof. Muhammad, dan Ketua DKPP RI, Jimly Asshiddiqie.

Ia menuturkan, bimtek terpadu institusi KPU, Bawaslu dan DKPP dengan skala nasional ini baru pertama kali di adakan di Kota Palembang dengan tujuan penguatan kelembagaan masing-masing instansi penyelenggara Pemilu dan penyamaan persepsi.

Hal itu, kata dia, terkait dengan teknis penyelenggaraan Pilkada 2017 mengingat adanya perubahan-perubahan regulasi penyelenggaraan Pilkada di Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi Undang-Undang.

Bimtek terpadu gelombang kedua akan diselenggarakan di Ambon pada 25-27 Juli mendatang, katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga