Sumsel andalkan Cheng Ho untuk wisatawan asia

id cheng ho, wisata sumsel, pariwisata sumsel, kadisbudpar sumsel, irene camalyn

Sumsel andalkan Cheng Ho untuk wisatawan asia

Ilustrasi - Patung Muhammad Cheng Hoo (istimewa )

Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan mengandalkan wisata perjalanan Cheng Ho untuk menggaet wisatawan dari Asia yang masih memiliki kedekatan secara historis dengan laksamana dan penyebar agama Islam tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camalyn di Palembang, Jumat, mengatakan wisata ini disebut wisata jalur sutra dan mengisahkan perjalanan Laksamana Cheng Ho pada masa keemasan Kerajaan Sriwijaya.

"Meski Cheng Ho singgah ke banyak tempat di Indonesia tapi warga Palembang menyakini bahwa laksamana bernama asli Ma He, tinggal cukup lama di Bumi Sriwijaya karena perannya dalam penyebaran agama Islam," kata Irene.

Ia menjelaskan, Cheng Ho dikenal sebagai seorang kasim muslim yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok (berkuasa tahun 1403-1424), kaisar ketiga dari Dinasti Ming.

"Sejak melakukan pelayaran mengelilingi dunia, Cheng Ho sempat empat kali datang ke Palembang," kata Irene.

Laksamana Cheng Ho ini tidak hanya singgah di Palembang, tapi juga di Aceh, Batam, Palembang, Belitong, Jakarta, Semarang, Cirebon, Surabaya dan Bali.

Ia juga dikenal sebagai sosok pahlawan karena pada 1407 ketika Kota Palembang di bawah kekuasaan Sriwijaya, membantu menumpas perampok-perampok Tionghoa Hokkian yang mengganggu ketenteraman.

"Dengan sejarah yang demikian kental ini, seharusnya Kota Palembang yang menjadi tujuan wisata utama warga Tiongkok di Indonesia. Oleh karena itu, Sumatera Selatan serius menggarap wisata sejarah dan religi ini karena menginginkan porsi besar dalam wisata jalur sutra napak tilas perjalanan Laksamana Cheng Ho," kata Irene beberapa waktu lalu.

Untuk itu, ia melanjutkan, pemerintah provinsi menggaet berbagai pihak, terutama kalangan biro perjalanan, kedutaan, komunitas, hingga pengusaha untuk mempromosikan kisah Laksamana Cheng Ho ini.

"Setiap negara saat ini berlomba-lomba menggaet wisatawan asing asal Tiongkok. Ada sekitar 100 juta warga Tiongkok melancong setiap tahun," kata dia.

Kota Palembang yang memiliki kedekatan dalam sejarah dan budaya dengan Tiongkok berusaha meraih peluang atau potensi kunjungan orang Tiongkok.