Dinas Kesehatan Palembang ajukan akreditasi 11 Puskesmas

id dinas kesehatan palembang, puskesmas, akreditasi puskesmas, kepala dinas kesehatan, dr anton suwindro

Dinas Kesehatan Palembang ajukan akreditasi 11 Puskesmas

Layanan kesehatan masyarakat (Pusakesmas) (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan, saat ini tengah mengajukan akreditasi 11 puskesmas kepada Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan.

Akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama itu dilakukan untuk mendapatkan pengakuan atas kualitas layanan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang sekarang ini dirasakan masyarakat sudah cukup baik, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Anton Suwindro, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan puskesmas yang diajukan permohonan akreditasi itu dinilai layak atau memenuhi persyaratan untuk mendapat pengakuan memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai dan sesuai standar.

"Beberapa puskesmas yang siap menerima penilaian dalam proses untuk mendapatkan akreditasi seperti Puskesmas Dempo, Sekip, Sematang Borang, dan Puskesmas Merdeka," katanya

Menurut dia, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di ibukota provinsi Sumatera Selatan yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama DKI Jakarta.

Secara umum pelayanan kesehatan di Bumi Sriwijaya ini sudah cukup baik, masyarakat yang membutuhkan penanganan medis tingkat sedang cukup di puskesmas saja. Padahal, beberapa tahun lalu masih harus ke rumah sakit umum daerah atau dirujuk ke rumah sakit umum pusat (RSUP) dr.Mohammad Hoesin Palembang.

Sebelum fasilitas pelayanan kesehatan memadai seperti sekarang ini, puskesmas hanya dimanfaatkan oleh masyarakat golongan ekonomi kelas bawah atau masyarakat miskin.

Namun kini masyarakat yang berobat atau memeriksakan kesehatannya berasal dari berbagai kalangan, terbukti pada setiap jam operasional puskesmas tampak di halaman parkirnya dipadati sepeda motor dan mobil pengunjung, kata dia.