Jumat, 23 Juni 2017

Pusri-PTBA kirim 20 siswa ke Maluku Utara

id siswa nusantara, bumn
Pusri-PTBA kirim 20 siswa ke Maluku Utara
Peserta siswa nusantara berfoto bersama jajaran perusahaan PT Pusri dan PTBA dalam acara silaturahmi di Palembang, Selasa (16/8) malam. (Antarasumsel.com/16/Dolly Rosana)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 20 siswa SMA mewakili Sumatera Selatan mengikuti program siswa nusantara yang digagas Kementerian BUMN untuk memperingati HUT RI dengan mengunjungi Maluku Utara.

Direktur Pengembangan Usaha PT Bukit Asam Anung Dri Prasetya di Palembang, Selasa, mengatakan program ini sudah bergulir sejak tahun 2015 lalu dan merupakan kepedulian BUMN terhadap pengembangan generasi muda di Indonesia.

"Pada tahun pertama, kami mengirimkan 20 pelajar terbaik Sumsel ke Gorontalo, sementara tahun ini kembali dengan jumlah yang sama namun tujuan daerahnya ke Maluku Utara," kata Anung.

Ia mengatakan siswa yang terpilih ini merupakan perwakilan dari seluruh kabupaten/kota di Sumsel.

"Hampir seluruh kabupaten-kota ada wakilnya, yang terbanyak dari Palembang yakni empat orang. Untuk terpilih mereka melalui sejumlah tes mulai tertulis, akademik hingga wawancara," kata dia.

Ia mengatakan selama enam hari, para siswa asal Sumsel tersebut melakukan sejumlah kegiatan untuk mempelajari kesenian, sejarah dan kerajinan tangan di Maluku Utara.

"Kegiatan ini dilakukan setiap jelang 17 Agustus dan ke depan para alumni akan diberikan beasiswa," ujar dia.

Pada peringatan HUT ke-71 RI ini, BUMN di Sumsel terdiri atas PT Pusri dan PTBA juga memprogramkan bedah rumah bagi pejuang kemerdekaan.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga