Pemkab Musi Banyuasin dorong peningkatan produksi ikan

id Kabupaten Musi Banyuasin, masyarakat, usaha budidaya ikan, petani, Plt Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi, Sekayu, pasokan ikan, ikan

Pemkab Musi Banyuasin dorong peningkatan produksi ikan

Tambak ikan. (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah/den)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemeriintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya mendorong masyarakat setempat yang menekuni usaha budidaya ikan untuk meningkatkan produksinya.

Kebutuhan ikan masyarakat kabupaten ini cukup tinggi namun hingga kini belum mampu dipenuhi semuanya dari petani lokal, kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Selasa.

Dia menjelaskan, kabupaten ini memiliki potensi perikanan yang cukup besar, namun karena belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga kebutuhan masyarakat masih mengandalkan pasokan dari luar.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pihaknya terus berupaya melakukan berbagai program pembinaan yang dapat mendorong peningkatan produksiikan.

Peningkatan produksi ikan melalui budidaya akan terus didorong sehingga pasokannya di pasaran bisa dipastikan jumlahnya dan dapat dipenuhi oleh petani lokal, katanya.

Menurut dia, pasokan ikan di pasaran terkadang pada musim atau kondisi tertentu berlimpah dan sering juga terjadi kelangkaan yang dapat mengakibatkan harganya melambung dan tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara maksimal.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berupaya mendorong masyarakat setempat untuk melakukan pengelolaan potensi perikanan yang cukup besar tanpa mengandalkan kondisi alam sehingga produksinya bisa stabil dan tersedia sepanjang tahun.

Kabupaten Musi Banyuaisn memiliki beragam ikan yang dapat dikembangkan biakan, baik ikan sungai atau ikan air tawar maupun ikan air payau.

Beberapa jenis ikan yang dapat dikembangkanbiakan dengan baik di kabupaten ini seperti ikan nila, patin, baung, lais, gurame, betutu, ikan tembakang, dan juga terdapat beberapa jenis udang yang memiliki nilai jual yang tinggi, kata dia pula.