Mahasiswa desak DPRD secepatnya lantik Plt Bupati

id mahasiswa, aliansi mahasiswa dan pemuda Sumsel untuk demokrasi, DPRD, Gubernur Sumatera Selatan, Bupati Musi Banyuasin, plt Bupati Empat Lawang, Kemen

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sejumlah mahasiswa tergabung dalam aliansi mahasiswa dan pemuda Sumsel untuk demokrasi mendesak dan menuntut DPRD dan Gubernur Sumatera Selatan secepatnya melantik pelaksana tugas Bupati Musi Banyuasin dan plt Bupati Empat Lawang sebagai bupati definitif.

Koordinator Aksi aliansi mahasiswa dan pemuda Sumsel untuk demokrasi, Rahmat Hidayat menyampaikan pernyataan tersebut di Palembang, Selasa.

Mereka juga mempertanyakan kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan DPRD provinsi mengapa kabupaten/kota lainnya(Ogan Ilir dan Kota Palembang) telah dilakukan pelantikan, sedangkan Kabupaten Musi Banyuasin dan Empat Lawang yang sudah lama kehilangan pemimpin sampai sekarang plt bupatinya belum juga didefinitifkan.

Ia mengatakan, lambatnya tindakan Mendagri dan Pemprov Sumsel untuk mendefinitifkan plt bupati itu mengakibatkan roda pemerintahan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, mereka mendesak dan menuntut DPRD provinsi melalui gubernur Sumsel untuk menyampaikan rekomendasi kepada Kementerian Dalam Negeri untuk segera mendefinitifkan plt bupati Musi Banyuasin dan Empat Lawang, katanya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumsel Husni Thamrin mengatakan, kalau mereka akan menyampaikan aspirasi yang telah disampaikan tersebut.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin menyatakan, ada mekanisme prosesnya, kecuali kalau tidak segera dilantik akan menghambat pemerintahan di sana, tapi ini tidak, bisa berjalan pemerintahannya.

"Saya juga maunya cepat-cepat, tetapi ada beberapa persyaratan yang harus kita selesaikan," jelas pejabat nomor satu di lingkungan Pemprov Sumsel tersebut.

Mengenai mengapa daerah lain sudah dilantik, karena dia sudah selesai lebih dulu, katanya.