BPJS kesehatan terus tingkatkan pelayanan

id Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, bpjs, pelayanan, rumah sakit, Kepala BPJS Pusat, Fahmi Idris, kesehatan, asuransi

BPJS kesehatan terus tingkatkan pelayanan

Ilustrasi - Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan pelayanan kepada peserta BPJS. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan terus meningkatkan pelayanan melalui kerja sama dengan rumah sakit baik pemerintah maupun swasta.

Kepala BPJS Pusat Fahmi Idris di Palembang, Kamis, mengatakan pihaknya terus menjalin kerja sama dengan rumah sakit termasuk klinik kesehatan.

Dia mengatakan, diperluasnya tempat pelayanan kesehatan agar anggota BPJS semakin mudah dalam berobat.

"Jadi, bila rumah sakit termasuk klinik kesehatan sudah bekerja sama maka pasien dapat memilih dalam berobat dan rujukan," ujar dia.

Dia mengatakan, saat ini sekitar 2000 tempat berobat telah bekerja sama yang tujuannya untuk memudahkan peserta mendapatkan rujukan.

Menurut dia, peluang untuk menambah rumah sakit dan tempat berobat sebagai rujukan BPJS masih terbuka luas, namun tentu harus melewati ketentuan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Selain menambah mitra, lanjut dia, BPJS juga terus mengupayakan agar pihak rumah sakit bisa memberikan layanan maksimal terhadap masyarakat untuk berobat.

Pihaknya berharap tidak ada lagi rumah sakit rekanan BPJS menolak pasien karena alasan apapun termasuk ruangan penuh.

Ketika ditanya ada penolakan dengan alasan tidak ada kamar, dia mengatakan, itu tidak diperbolehkan karena sudah bekerja sama.

Namun bila pasien baru keluar tetapi ruangannya belum bisa digunakan itu bisa saja karena penyakit bawaan yang menular sehingga perlu disterilkan terlebih dahulu.

"Namun bila masih ada penolakan segera laporkan dan pihaknya akan menindaklanjuti," kata dia.

Yang jelas, kata dia, pihaknya terus memaksimalkan pelayanan supaya pasien lancar saat berobat.